WAJAH MEDIA SOSIAL BAGI GENERASI X: STUDI PADA GENERASI X DESA RENGAS
DOI:
https://doi.org/10.31629/0tgxzt17Keywords:
Media sosial, Facebook, Generasi XAbstract
Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan media sosial, khususnya facebook, oleh generasi X di Desa Rengas Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan. Peneliti mengeksplorasi bagaimana media sosial yang digunakan tersebut, yakni facebook, tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi tetapi juga dijadikan sebagai alat atau media untuk berekspresi melalui konten yang diposting berupa gambar, video atau tulisan, pengoptimalan pendapatan melalui facebook generasi X bisa mempromosikan barang atau jasanya ke pasar yang lebih luas serta bisa mendapatkan penghasilan lebih besar, serta sebagai ruang publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, secara spesifik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan analisis konten dari profil facebook informan. Penelitian ini menunjukkan bahwa generasi X di Desa Rengas menggunakan facebook untuk berbagai macam tujuan yang melampaui interaksi dan komunikasi interpersonal. Facebook dimanfaatkan sebagai tempat untuk mempromosikan produk/jasa dagangannya, mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten yang diunggah, berbagi pengalaman pribadi, mendapatkan dukungan sosial dan membangun jaringan usaha atau bisnis, serta menjadi tempat berkeluh kesah tentang masalah hidup dan keluarga yang dialami oleh generasi X tersebut yang kemudian akan mendapatkan respon baik berupa dukungan ataupun sebaliknya dari pengguna facebook lainnya. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan dan pemahaman mengenai dinamika penggunaan media sosial terutama facebook pada generasi X di wilayah pedesaan dan implikasinya terhadap perubahan sosial dan ekonomi.
Downloads
References
Jurnal:
Abdulla, R. (2023). Social Media, the Public Sphere, and Public Space in Authoritarian Settings: A Case Study of Egypt’s Tahrir Square and 18 Years of User Generated Content. Social Media + Society, 9(1), 205630512311588. https://doi.org/10.1177/20563051231158824
Anggreani, M. D., Purnomo, E. P., & Kasiwi, A. N. (2020). Ruang Publik Virtual Sebagai Pintu Komunikasi Government To Citizen. Moderat. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 203–220.
Astuti, S., Prananingrum, N., Rahmiaji, L., Nurhajati, L., Lotulung, L., & Kurnia, N. (2021). Budaya Bermedia Digital. In Modul : BUDAYA BERMEDIA DIGITAL. https://literasidigital.id/books/modul-budaya-bermedia-digital
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. University of Nebraska Lincoln: FOURTH EDI.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Goldring, D., & Azab, C. (2021). New rules of social media shopping: Personality differences of U.S. Gen Z versus Gen X market mavens. Journal of Consumer Behaviour, 20(4), 884–897. https://doi.org/10.1002/cb.1893
Hall, J. A. (2018). When is social media use social interaction? Defining mediated social interaction. New Media and Society, 20(1), 162–179. https://doi.org/10.1177/1461444816660782
Hootsuite. (2020). We Are Social. Indonesian Digital Report.
Horst, Heather & Miller, D. (2012). Digital Anthropology. University College London.
Kagan, M., & Lissitsa, S. (2023). Generations X, Y, Z: Attitudes toward social workers in the age of media technologies. Technology in Society, 75, 102353. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2023.102353
Ling R, B. T. and S. P. (2012). The socio-demographics of texting: an analysis of traffic data. New Media & Society, 14, 280–297. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.1.3540.5280
McLuhan, M., & Fiore, Q. (2011). The medium is the message. Ginko Press.
McLuhan, M. (1994). Understanding Media: The Extension of Man. The MIT Press.
Putriyandari, R., Amran, A., Roisah, R., Komalasari, Y., & Yuliyana, W. (2018). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan di Lembaga Belajar SMART CLUB BANDUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15.
Rosariana, B. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial". https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html
Sobol, M., Blachnio, A., & Pasternak, K. (2023). Time in a Virtual World: Facebook Intrusion, Time Perspective, and Contents of Facebook Narratives. SAGE Open, 13(3). https://doi.org/10.1177/21582440231184860
Syaharullah, Yahya, M., & Syarif, A. (2021). Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(12), 27–38.
Taylor, P. & S. K. (2010). Millennials: A Portrait of Generation Next : Confident, Connected, Open to Change. Pew Research Center.
Tripathi, S. (2023, May 4). Social media has reinvented Gen X’s standard of living. https://timesofindia.indiatimes.com/blogs/voices/social-media-has-reinvented-gen-xs-standard-of-living/
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Istiqoma, Dedi Anggriawan, Akhmad Syafe’i, Adetia Wulindari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.