Rasionalitas Orang Tua Terhadap Sistem Full Day School Di LPI Sabilillah Malang

Authors

  • Dedi Anggriawan Dosen Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jmm.v2i1.1687

Keywords:

Full Day School, Orang Tua, Rasionalitas

Abstract

Salah satu fenomena akhir-akhir ini adalah munculnya pelayanan full day school. Memasukkan anak ke sekolah full day school, belakangan ini menjadi salah satu solusi bagi orangtua yang keduanya bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana rasionalitas pilihan orang tua terhadap sistem full day school di LPI Sabilillah Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma definisi sosial. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analysis interaktive model Miles Huberman dan Saldana berupa Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Penelitian ini menggunakan perspektif teori pilihan rasional James Coleman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rasionalitas pilihan orang tua diawali dari pemahaman orang tua terhadap full day school yang didapat dari proses sosialisasi melalui keluarga, media massa dan teman, yaitu dipahami sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak, sebagai tempat belajar religiusitas, dan sebagai tempat elit dan bergengsi. Rasionalitas pilihan orang tua berupa keputusan yang mendatangkan banyak keuntungan (benefit) dan sedikit kerugian (biaya/ cost) bagi keluarganya, terutama keuntungan ekonomi yang kemudian diikuti keuntungan dalam dimensidimensi abstrak seperti pertimbangan religius, psikologis dan sosial

References

A.Adler & Peter. 2009. Teknik-Teknik Observasi. Dalam Handbook Of Qualitative Research. N.K Denzin & S. Lincoln. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arikunto.S. 2010. Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Ahimsa-Putra H, dkk. 2003. Ekonomi Moral,Rasional dan Politik dalam Industri Kecil di Jawa. Yogyakarta: Kepell Press.

Alfian,ed. 1985. Presepsi Manuia Tentang Kebudayan. Jakarta : Gramedia. Basuki. Sulistyo. 2006. Metode Penelitian . Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Bungin. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, ,Kebijakan Publik dan Imu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Jakarta: Putra Grafika.

Fontana & H. Fery. 2009. Wawancara Seni Ilmu Pengetahuan. Dalam Handbook Of Qualitative Research. N.K Denzin & S. Lincoln. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Guba & Linconl. 2009.Berbagai Paradigma yang Bersaing dalam Penelitian Kualitatif. Dalam Handbook Of Qualitative Research. N.K Denzin & S. Lincoln. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Koentjaraningrat. 1965. Pengantar Antropologi, Jakarta: Penerbit Universitas,. Martono.Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Miles & Huberman . 2009. Manjemen Data dan Metode Analisis. Dalam Handbook Of Qualitative Research. N.K Denzin & S. Lincoln. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Moleong. 2014. Metdeologi Penelitian Kulaitatif. Edisi revisi. Remaja Rosdakarya. Bandung

Poloma. M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Richard Grathoff. 2000.Kesesuaian antara Alfred Schutzdan Talcott Parsons: Teori Aksi Sosial. Jakarta: kencana.

Ritzer & Goodman. 2012. Teori Sosiologi .Bantul : Kreasi Wacana.

Sugiyono. 2009. Metdeologi Penelitian Kuanititatf, Kualaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T. Sirait, Rahardjo.Mengelola dan Mengembangkan Sumber Daya Manusai dalam Persaingan Global. Jakarta : Penerbit Titra Wacan Media, Jakarta.

Hasil Penelitian

Soares, Hernani Agostinho. 2013. Adaptasi Budaya Para Ekspatriat di Timor Leste. Magister Manajemen Universitas Kristen Satya Wacana Semarang.

Additional Files

Published

2018-07-31

How to Cite

Anggriawan, D. (2018). Rasionalitas Orang Tua Terhadap Sistem Full Day School Di LPI Sabilillah Malang. Jurnal Masyarakat Maritim, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.31629/jmm.v2i1.1687