Rasionalitas Member dalam Bisnis Multilevel Marketing (Studi Tentang Member Melia Sehat Sejahtera di Kota Tanjungpinang

Authors

  • Randal Liandra Dosen Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nanik Rahmawati Dosen Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jmm.v2i2.1692

Keywords:

Rasinalitas, Tindakan

Abstract

Bisnis Multi Level Marketing mengalami perkembangan di lingkungan masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Tanjungpinang tepatnya di Melia Sehat Sejahtera. Fokus penelitian ini ada pada rumusan masalah yaitu: bagaimana rasionalitas member yang memilih bergabung dan menjalankan bisnis Multi Level Marketing Melia Sehat Sejahtera. Rasionalitas masyarakat yang memilih menjadi member dapat dianalisis menggunakan Teori Pilihan Rasional dan konsep-konsep dari James Coleman tentang pilihan rasional yang meliputi konsep diri, kepentingan, nilai, kekuatan, dan tindakan. Adapun hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa dasar rasionalitas member dalam menjalankan bisnis Multi Level Marketing awalnya karena tergiur dengan keuntungan yang besar yang akan di dapatkan melalui bisnis ini. Terdapat temuan lain bahwa ternyata masyarakat yang menjadi member Multi Level Marketing menggunakan cara yang berbeda-beda pada saat mendaftar menjadi member

References

Coleman, James S, 2011, Dasar-Dasar Teori Sosial (Foundation of Social Theory), Bandung: Nusa Media

Haryanto, Sindung, 2012, Spektrum Teori Sosial; Dari Klasik Hingga Postmodern, Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Outhwaite, Wiliam (Ed.), 2008, Ensiklopedi Pemikiran Sosial Modern, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Ritzer, George dan Douglas J Goodman, 2008, Teori Sosiologi Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Santoso, Benny, 2006, ALL About MLM: Memahami Lebih Jauh MLM dan Pernak-Perniknya, Edisi kedua, Jakarta: Andi Publisher

Silalahi, Ulber, 2010, Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Refika Aditama,

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Wirawan, I.B, 2013, Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

JURNAL

Haryanto, Eko, 2014 Pilihan Rasional dan Modal Sosial Petani, Jurnal Sosiologi, Universitas Brawijaya

Wahyu, Tommy, 2014 Rasionalitas Member Dalam Melakukan Trading Forex di Kota Malang, Jurnal Sosiologi, Universitas Brawijaya

Darmanirmala, 2007 Praktek Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Dalam Perpektif

Additional Files

Published

2018-12-31

How to Cite

Liandra, R., & Rahmawati, N. (2018). Rasionalitas Member dalam Bisnis Multilevel Marketing (Studi Tentang Member Melia Sehat Sejahtera di Kota Tanjungpinang. Jurnal Masyarakat Maritim, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.31629/jmm.v2i2.1692