Archives

  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 6 No. 1 (2022)
    Jurnal Masyar akat Maritim (JMM) Volume 6 No 1 tahun 2022 menerbitkan 5 artikel yang telah di seleksi oleh tim JMM, di antaranya ialah artikel Kehidupan Sosial Dan Budaya Suku Laut Di Pulau Senang, Kabupaten Lingga oleh Marisa Elsera, dkk. Selanjutnya ada Andika Prastika, dkk yang meneliti The Role of Social Media/Internet During The Covid-19 Pandemic For Local Communities Around The University of Jember. Kemudian Ariesta Amanda, dkk dengan penelitian Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Banyumas. Artikel selanjutnya, ada Analisis Alur Distribusi Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Pantai Kenjeran oleh Rizky Athif Imansyah, dkk. Terakhir, artikel berjudul Konstruksi Sosial Sungai Sebagai Tempat Sampah (Studi Kasus Di Desa Aikmel Barat) ditulis oleh Atika Wijayanti, dkk.
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 5 No. 2 (2021)
    Jurnal Masyar akat Maritim (JMM) Volume 5 No 2 tahun 2021 menerbitkan 5 artikel yang telah di seleksi oleh tim JMM, di antaranya ialah artikel yang Human Trafficking pada Masa Pandemi COVID-19 di Perbatasan Darat Malaysia-Indonesia, Kalimantan Barat yang diteliti oleh Rupita, dkk, melihat bagaimana Human Trafficking pada kondisi Pandemi Covid-19. Selanjutnya ada Muhammad Robby Chandra, dkk yang meneliti Perempuan Pengangkut Air Dalam Tradisi Masyarakat Desa Dendun Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan. Kemudian Siti Aminah, dkk dengan penelitian Strategi Partai Politik Untuk Meningkatkan Keterwakilan Perempuan Dalam Kontestasi Pemilihan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang . Artikel selanjutnya, ada Persepsi dan Kondisi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) pada Pekerja Wanita di Indonesia oleh Mirza Ayunda Pratiwi . Terakhir, artikel berjudul Resiko Masyarakat Desa Di Era Pandemi Covid-19 ditulis oleh Faraz Sumaya.
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 5 No. 1 (2021)
    Jurnal Masyar akat Maritim (JMM) Volume 5 No 1 tahun 2021 menerbitkan 5 artikel yang telah di seleksi oleh tim JMM, di antaranya ialah artikel yang berjudul Eksistensi Masjid Pesisir Di Tengah Badai Covid-19 (Studi Kasus: Masjid Pasa, Kota Pariaman) yang diteliti oleh Akdila Bulanov, melihat bagaimana Eksistensi Masjid sebagai sarana umum beribadah pada kondisi Pandemi Covid-19. Selanjutnya ada Ahmad Hidayah, dkk yang meneliti Cyber Harassment: Fenomena Hate Comment Di Era Pandemi Covid-19 Pada Akun Tik-Tok @Y***Q. Kemudian Rafi Alfiansyah dengan penelitian Peran Hubungan Industri Lumbung Stroberi Dengan Petani Stroberi Dalam Peningkatan Perekonomian Di Desa Pandanrejo. Artikel selanjutnya, ada Analisis Semiotika Subaltern Dalam Film “Mulan†oleh Dini Zaradika Maharani. Terakhir, artikel berjudul Kabut Asap, Ancaman Terhadap Human Security Dan Asean Wayyang ditulis oleh Yusnarida Eka Nizmi.
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 4 No. 2 (2020)
    Alhamdulillah Jurnal Masyarakat Maritim Volume 4 No 2 tahun 2020 telah terbit dengan lima artikel dalam berbagai judul dengan menggunakan sudut pandang sosiologi dan juga sesuai dengan scope kajian dari Jurnal Masyarakat Maritim itu sendiri. Adapun judul artikel yang telah dipublikasi diantaranya pertama ; Perubahan Sosial Dalam Resepsi Pernikahan Masyarakat Melayu Pesisir Keturunan Bangsawan di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau yang ditulis oleh Marlin Agustin. Kedua ; Kajian Faktor Pencurian Peralatan Vital Kelong Apung Nelayan Kelurahan Kawal Kabupaten Bintan dengan penulis Azira Prawinugraha, dkk. Ketiga ; Kesenjangan Upah Buruh Tani Perempuan Dengan Laki-laki (Problematika Kesetaraan Gender) ditulis oleh Huldiya Syamsiar dan Abdurrohman. Keempat ; Pendidikan Sexs Pada Remaja di Keluarga Menengah Kebawah ditulis oleh Havizathul Hanim dan kelima ; Petani Karawang Melawan Kemiskinan Dalam Kuasa-Politik ; Studi Observasi Partisipatif Tahun 2004-2005 ditulis Mulyadi J Amalik. Tim pengelola Jurnal Masyarakat Maritim (JMM) mengucapkan terimakasih kepada penulis yang telah mengirimkan artikelnya hingga JMM bisa terbit pada waktunya . Terimkasih juga kepada reviewer atas kerjasamanya yang telah meriview tulisan yang masuk dari penulis.
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 4 No. 1 (2020)
    Alhamdulillah Jurnal Masyarakat Maritim Volume 4 No 1 tahun 2020 telah terbit dengan lima artikel dalam berbagai judul dengan menggunakan sudut pandang sosiologi dan juga sesuai dengan scope kajian dari Jurnal Masyarakat Maritim itu sendiri. Adapun judul artikel yang telah dipublikasi diantaranya pertama ; Partisipasi Masyarakat Nelayan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur yang ditulis oleh Annissa Valentina dkk,. Kedua ; Perubahan Sistem Penghidupan Rumah Tangga Nelayan Di Kota Bengkulu dengan penulis Lesti Heriyanti. Ketiga ; Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Laboratorium Percontohan UPI ditulis oleh Mila Irawati dkk. Keempat ; Proses Adaptasi Buruh Nelayan Kelong Apung di Musim Paceklik Desa Pengudang Kecamatan Teluk Sebung Kabupaten Bintan ditulis oleh Romi Aqmal dan kelima ; Klinik UMKM Sebagai Upaya Penguatan Dan Pemberdayaan Umkm Di Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam ditulis Zeni Eka Putri. Tim pengelola Jurnal Masyarakat Maritim (JMM) mengucapkan terimakasih kepada penulis yang telah mengirimkan artikelnya hingga JMM bisa terbit pada waktunya . Terimkasih juga kepada reviewer atas kerjasamanya yang telah meriview tulisan yang masuk dari penulis.
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 3 No. 2 (2019)
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 3 No. 1 (2019)
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 2 No. 2 (2018)
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 2 No. 1 (2018)
  • Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 1 No. 2 (2017)
  • Jurnal Masyarakat Maritim Jurnal Masyarakat Maritim
    Vol. 1 No. 1 (2017)