Dinamika Kehidupan Keluarga Anak Autis yang Bersekolah di SLB Mutiara Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31629/jmm.v2i2.1691Keywords:
Dinamika Kehidupan, Orang Tua, Anak AutisAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk melihat dinamika yang terjadi pada keluarga anak autis yang bersekolah di SLB Mutiara Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan bentuk penelitian menurut aspek metode yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian di SLB Mutiara Tanjungpinang. Informan penelitian yaitu orang tua dari anak autis yang bersekolah di SLB Mutiara Tanjungpinang, guru yang mengajar siswa di SLB Mutiara Tanjungpinang dan tetangga dari keluarga anak autis. Teknik yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek yang menjadi dinamika keluarga anak autis yang bersekolah di SLB Mutiara Tanjungpinang. Meliputi pendidikan orang tua, penerimaan keluarga, penerimaan masyarakat serta upaya yang ditempuh orang tua dalam melakukan pengobatan anak autis. Pendidikan orang tua ternyata tidak mempengaruhi upaya orang tua dalam mengetahui gejala awal autis. Proses mengasuh, perilaku anak autis yang sulit dikontrol, ketergantungan hidup yang tinggi, menjadi bagian dinamika dalam keluarga.Begitu halnya dengan penerimaan anak autis ditengah masyarakat. Dalam hal ini orang tua akan membatasi anak dari lingkungan demi keselamatan anak serta menjaga anak dari penolakan dari segelintir orang.
References
Ardy Wiyani, Novan. 2015. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Gerungan. 1991. Psikologi Sosial. Bandung : Eresco
Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus-Autistik: bahan ajar dan bacaan untuk: mahasiswa, dosen, guru, orang tua, masyarakat dan pemerhati anak autis. Bandung :Alfabeta
Hendrick, Harry. 2005. Child Welfare and Social Policy. Bristol: The Polic press
Herabudin. 2015. Pengantar Sosiologi. Bandung: Pustaka Setia
Koentjaraningrat. 2013. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta
Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional
Mu’in, Idianto. 2004. Sosiologi SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Narbuko Choliddan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Pusponegoro. H.D, Solek. P. 2007. Apakah Anak Kita Autis?. Bandung : Trikarsa
Satori Djam’an, Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Soekanto, Soejarno. 2009. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Soelaeman, Munandar. 2009. Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial Bandung : PT Refika Aditama
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2010. Metode Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Yuwono Joko. 2012. Memahami Anak Autis. Bandung : Alfabeta
Sumber Jurnal dan Skripsi
Susan Graham-Clay, Susan. 2005. “Communicating With Parents : Strategies For Teachers’School Community Journal, Vol. 16 No. 117-118. (diakses tanggal 1 Juni 20170
Dewi Permatasari, Rafela. 2009. Tentang Ketidakpedulian keluarga yang Memiliki Anak Autis terhadap Pendidikan Remaja Autis Studi Kasus pada Keluarga dengan Ayah yang Berprofesi Guru Di Desa Sumbergirang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Universitas Negeri Semarang. (diakses tanggal 6 Desember 2016)
Puspa, Maulana Meidyta. 2012. Tentang Peran Keluarga bagi Anak Autis (Studi Kasus 3 Keluarga yang Memiliki Anak Autis Di Lembaga Child Care Center. Universitas Indonesia. (diakses tanggal 22 Desember 2016)