Sistem Pengetahuan Masyarakat Nelayan Pesisir Pulau Kasu Kecamatan Belakang Padang Kota Batam

  • Hairudin Alumni Mahasiswa Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Sri Wahyuni Dosen Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
Keywords: Sistem Pengetahuan, Pola Kerja, Nelayan Pesisir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sistem pengetahuan masyarakat nelayan pesisir Pulau Kasu Kecamatan Belakang Padang Kota Batam tentang membaca alam seperti musim Air dan Angin, musim Arus, rasi Bintang, curah Hujan, dan posisi bulan sebagai penunjang aktivitas di wilayah laut pada saat bernelayan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah masyarakat nelayan pesisir Pulau Kasu yang paham akan membaca alam dan kondisi lingkungan laut. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah masyarakat nelayan pesisir Pulau Kasu dalam bernelayan masih menggunakan cara tradisional dan pengetahuan yang berhubungan dengan ligkungan laut seperti pengetahuan musim Air dan angin, musim Arus, Rasi bintang, curah hujan, dan posisi Bulan. Pengetahuan tentang laut didapatkan secara turun temurun yang dipelajari dari penyampaian orangtua kepada keluarganya, anak-anaknya, maupun orang lain disekelilingnya yang secara luas menyebar dalam bentuk percakapan lisan yang diperkuat dengan fenomena kejadian sesuai yang telah diceritakan sehingga menjadi kearifan lokal budaya setempat. Pengetahuan tentang laut oleh nelayan pesisir menghasilkan pola kerja yang disesuaikan dengan musim yang ada dalam rentang waktu periodik selama satu tahun

References

Anessia, R. (2018) Pengelolaan Wilayah Pesisir Melalui Wisata Bahari Studi Kasus Kelurahan Pulau Abang Kecamatan Galang Kota Batam (13 Juli 2019, 22:31)

Ikhsan, M. (2016) Pola Pendidikan Anak Suku Laut di Kampung Wisata Pang Long Kabupaten Bintan Universitas Maritim Raja Ali Haji.(diakses 13 Juli 2019, 12:21 WIB)

Kurnia, S. (2017) Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemindahan Hujan di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak : Pekanbaru. Politeknik Universitas Riau. (diakses 13 Juli 2019, 20:51 WIB)

Martin, R., & Meliono, I. (2011) Ritual Petik Laut Pada Masyarakat Nelayan Sendang Biru, Malang di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, Kampus Depok.

Mariam. U. (2018). Persepsi Masyarakat Nelayan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Surabaya. Universitas Airlangga. (diakses 08 Juli 2019, 12:11 WIB)

Ratna P., & Arif, S. (2013) Pola Adaptasi Nelayan Terhadap Perubahan Iklim : Bogor. Institut Pertanian Bogor. ( diakses 07 Juli 2019, 21:32 WIB )

Singgih, T. S. (2014). Mengenal Sistem Pengetahuan, Tekhnologi, dan Ekonomi Nelayan Pantai Utara Jawa. Vol 04 no 02 (diakses 10 Juli, 2019, 23:13 WIB)

Published
2019-11-27
How to Cite
Hairudin, & Wahyuni, S. (2019). Sistem Pengetahuan Masyarakat Nelayan Pesisir Pulau Kasu Kecamatan Belakang Padang Kota Batam. Jurnal Masyarakat Maritim, 3(2), 50-64. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jmm/article/view/1721