Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Banyumas

Authors

  • Ariesta Amanda Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Thahrina Azriah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Dian Nastiti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31629/jmm.v6i1.4385

Keywords:

Pelayanan Publik; Pandemi Covid-19; Banyumas

Abstract

Pandemi COVID-19 telah melahirkan berbagai upaya pencegahan maupun penanggulangan, mulai dari level pemerintah pusat hingga level masyarakat. Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah yang kemudian mengalami perubahan dengan keluarnya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 34 Tahun 2020, salah satu tujuannya adalah untuk memastikan pelayanan publik di instansi pemerintah dapat tetap berjalan efektif. Inovasi penyelenggaraan pelayanan publik dalam kondisi saat ini menjadi penting adanya agar pelayanan publik tetap dapat berjalan secara efektif. Pemerintah daerah kabupaten banyumas juga telah melakukan perubahan standar pelayanan terutama terkait mekanisme, sistem atau prosedur pelayanan yang manual menjadi online dan menginformasikan perubahan tersebut melalui sistem informasi pelayanan publik yang tersedia. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa Standar mal pelayanan publik Kabupaten Banyumas diatur dalam Peraturan Bupati Banyumas Nomor 4 Tahun 2019 Bab II huruf F tentang standar pelayanan, kemudian standar pelayanan tetap mengacu pada prinsip pelayanan publik Peraturan MenPAN-RB Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan, terkait dengan pelayanan di masa pandemi mendasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Banyumas, dan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 1 Tahun 2021 Tentang PPKM di Kabupaten Banyumas.

References

Jurnal:

Firdaus, F. and Lawati, S. (2020) ‘Keterjangkauan Informasi dalam Pelayanan Publik’, Journal PPS UNISTI, 2(1). doi: 10.48093/jiask.v2i1.14.

Herizal, H., Mukhrijal, M. and Wance, M. (2020) ‘Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik’, Journal of Governance and Social Policy, 1(1). doi: 10.24815/gaspol.v1i1.17327.

Kurniawan, R. C. (2017) ‘INOVASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH’, FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum. doi: 10.25041/fiatjustisia.v10no3.794.

Maryam, N. S. (2016) ‘Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik’, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.

Prasodjo, T. (2017) ‘Paradigma Humanis dalam Pelayanan Publik’, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1). doi: 10.26858/jiap.v7i1.3438.

Publik, P. and Indonesia, P. R. (2009) ‘UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang"Pelayanan Publik"’, UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang"Pelayanan Publik".

Ridder, H. G. et al. (2014) ‘Qualitative data analysis. A methods sourcebook’, Zeitschrift fur Personalforschung. doi: 10.1177/239700221402800402.

Ristiani, I. Y. (2020) ‘Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat’, Jurnal Ilmiah Manajemen, XI(2).

Saputro, H. E. (2016) ‘KUALITAS PELAYANAN PUBLIK’, Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik. doi: 10.37676/professional.v2i1.163.

Tri Wibawanto Gedeona, H. (2010) ‘Pendekatan kualitatif dan kontribusinya dalam penelitian administrasi publik’, Jurnal Ilmu Administrasi, VII(3).

Wakhid, A. A. (2017) ‘Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia’, Jurnal TAPIs, 01(14).

Buku:

Huberman, A. and Miles, M. (2012) ‘Understanding and Validity in Qualitative Research’, in The Qualitative Researcher’s Companion. doi: 10.4135/9781412986274.n2.

Ridder, H. G. et al. (2014) ‘Qualitative data analysis. A methods sourcebook’, Zeitschrift fur Personalforschung. doi: 10.1177/239700221402800402.

Sugiyono (2016) ‘Memahami Penelitian Kualitatif’, Bandung: Alfabeta.

Taufiqurokhman and Satispi, E. (2018) ‘Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik’, Umj Press 2018.

Population, A. (2020) Population by Country (2020) - Worldometer, Worldometer.

Book Chapter:

Amrizal, D. (2017) ‘Handbook Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Administrasi Publik’, Handbook, cetakan ke.

Internet :

Menpan.go.id (2020) ‘Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dengan Kerja di Rumah bagi ASN’, Menpan.go.id.

Additional Files

Published

2022-06-16

How to Cite

Ariesta Amanda, Azriah, T., & Nastiti, D. (2022). Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Masyarakat Maritim, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.31629/jmm.v6i1.4385