STRATEGI PARTAI DALAM KEMENANGAN CALEG PEREMPUAN (STUDI PADA PARTAI PKS, PDI PERJUANGAN DAN GOLKAR) DI TANJUNGPINANG TIMUR TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31629/m9qtvh69Keywords:
Strategi, partai politik, Caleg perempuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi partai politik dalam memenangkan calon legislatif perempuan pada Pemilihan Umum 2024 di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Fokus penelitian diarahkan pada tiga partai politik besar, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dan Partai Golongan Karya (Golkar). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi terhadap pengurus partai dan masyarakat pemilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan perempuan dalam ranah politik merupakan hasil perpaduan antara kebijakan afirmatif yang mewajibkan keterwakilan perempuan sebesar 30% dan strategi partai dalam membina serta mendukung kader perempuan. PDI-P menonjolkan pemberdayaan melalui organisasi perempuan internal, PKS memperkuat kapasitas kader lewat lembaga BPKK, sedangkan Golkar menerapkan sistem rekrutmen terbuka dan memberikan dukungan struktural melalui organisasi sayap seperti KPPG dan Al-Hidayah. Meskipun pendekatan yang dilakukan masing-masing partai berbeda, ketiganya memiliki tujuan serupa, yaitu meningkatkan kepercayaan publik terhadap caleg perempuan. Dari perspektif feminisme, partisipasi perempuan dalam politik tidak hanya mencerminkan upaya individu, tetapi juga merupakan bagian dari gerakan kolektif untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan keadilan sosial di tengah dominasi budaya patriarki. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan caleg perempuan tidak hanya ditentukan oleh strategi partai, tetapi juga oleh kemampuan mereka menembus batas-batas sosial dan membangun kepercayaan masyarakat.
Downloads
References
Adi, Jusri, Fitriani Sari Handayani Razak, and Hendri Kurniawan. 2022.“Persepsi Masyarakat Terhadap Perempuan Di Ranah Politik Lokal Kabupaten Bulukumba.” Kolaborasi :JurnalAdministrasiPublik8(1):122–37. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi/article/view/7267.
Budiman, Jofanny, and H.H. Daniel Tamburian. 2019. “Komunikasi Politik Megawati Dalam Membangun Brand Image Partai.” Koneksi 2(2): 401..
Efendi, Resty Ardila. 2019. “Strategi Politik Partai Golongan Karya (Golkar) Dalam Upaya Pemenangan Calon Legislatif Perempuan Pada Pemilu 2019 Kota Pekanbaru.” Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics 26(1): 1–4
Fitriani, Tia. 2023. “Partai Politik Dan Strategi Politik (Kajian Atas Strategi Kemenangan Anggota Legislatif Perempuan PDI Perjuangan Di Dalam Pemilihan Lesgislatif Pada Dapil 2, 4, Dan 5, Kota Tangerang Tahun 2019).” : 9–10..
Hevriansyah, A. 2021. “Hak Politik Keterwakilan Perempuan Dalam Sistem Proporsional Representatif Pada Pemilu Legislatif.” Awasia: Jurnal Pemilu dan Demokrasi1(1):h67-85 http://jurnal.banten.bawaslu.go.id/index.php/awasia/article/view/41.
Nurnisy, Frizki Yulianti., Mohd Faizal Kasmani ; Profetik Jurnal Komunikasi. (2025). Personal Branding and Public Engagement in the 2024 Indonesian Election. Vol. 18(1). https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/3350
Mayrudin, Yeby Ma’asan, Bayu Nurrohman, and Dewi Sri Astuti. 2022. “Eksistensi Politik Kader Perempuan Pada Pengorganisasian Partai-Partai Politik.” Ijd-Demos 4(3).
Rusnani, and Bambang Hermanto. 2015. “Strategi Caleg Dalam Upaya Memenangkan Pemilu Legislatif Di Dapil Ii Kabupaten Sumenep.” PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi” 5(2): 18.
Romli, L. (2021). Partai Politik dan Pemilu di Indonesia: Struktur, Strategi, dan Dinamika Kelembagaan. Jakarta: Pusat Penelitian Politik LIPI.
Silaban, Ahmad H. 2015. “Implementasi Politik Perempuan Di Kota Makassar.” The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin 1(1): 75–84.
Scharoder, Peter, ed 2010 strategi politik. Jakarta : Friedrich Naumann Stiftung.
Tandang Assegaf, Nurcahaya. 2004. Jogjakarta : Pustaka Timur Kembalikan Hak Perempuan.https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case a7e576e1b6bf.
Wahyuni, S., Niko, N., & Elsera, M. (2022). Self-Agency Perempuan Nelayan di Kampung Bulang, Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau. BESTARI, 3(1), 48-59.
Yasa, I. K. W. P. (2024). Personal Branding of Politicians through Social Media as Political Communication in Attracting Gen-Z People. Jurnal Pewarta Indonesia, 6(1), 1–13. https://www.pewarta.org/index.php/JPI/article/view/145
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulya Maylani Suryanti, Joana Evelin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.








