Pendampingan Inovasi bagi MGMP Matematika SMP Kota Palembang untuk Menghasilkan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Berbasis ICT

Penulis

  • Budi Santoso Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Meryansumayeka Meryansumayeka Universitas Sriwijaya
  • Novika Sukmaningthias Universitas Sriwijaya
  • Weni Dwi Pratiwi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1706

Kata Kunci:

penelitian tindakan kelas, ict, mgmp matematika smp kota palembang

Abstrak

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru MGMP matematika SMP di Kota Palembang dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Diharapkan nantinya guru-guru tersebut dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas dan juga berkesinambungan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk kegiatan workshop pelatihan. Sebelumnya guru-guru diberikan bekal berupa materi mengenai penelitian tindakan kelas (PTK), model-model dan metode yang dapat digunakan di dalam penelitian. Selanjutnya guru-guru diarahkan untuk membuat membuat proposal PTK untuk kemudian di implementasikan di sekolah guna pengambilan data penelitian. Setelah guru-guru mengimplementasikan di kelas yang mereka ajar diharapkan akan didiapatkan data  yang untuk selanjutnya diarahkan untuk pembuatan artikel ilmiah dari penelitian tersebut. Untuk mencapai tujuan kegiatan yang telah ditetapkan, dalam kegiatan ini digunakan metode presentasi, diskusi, dan simulasi. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah terlaksananya pelatihan pengembangan profesi guru di MGMP Kota Palembang yang diikuti oleh 27 orang guru.  Selain itu telah dihasilkan contoh proposal PTK yang dibuat oleh guru-guru tersebut sebagai hasil dari kegiatan pendampingan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z.N., dan Hasan, A. (2012) Review of effective mentoring practices for mentees development. Journal of studies in Education. 1(2)

Dantes, N (2006). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru. (Bahan Pelatihan bagi guru-guru di kabupaten Karangasem tanggal 5 Desember 2006), Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Hong, C.E., Lawrence, St.A (2011). Action research in teacher education: Classroom inquiry, reflection and data driven decision making. Journal of inquiry & action in education, 4(2)

Kamil, M 2010a. Model Pendidikan dan pelatihan, Bandung: Alfa Beta

Kember, David. 2000. Action Learning and Action Research. London: Kogan Page

Mahayanti N.W.S & Utami, I.A.M. (2017). Pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru bahasa inggris SMP di Kecamatan Sukasada. Jurnal Widya Laksana .6(2): 145-155

Hendikawati P., et al. (2016) Pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. ABDIMAS 20 (1):37-42

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Santoso, B., Aisyah, N. ., Hapizah, H., Meryansumayeka, M., Novika Sukmaningthias, & Pratiwi, W. D. (2019). Pendampingan Inovasi bagi MGMP Matematika SMP Kota Palembang untuk Menghasilkan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Berbasis ICT. Jurnal Anugerah, 1(2), 91–97. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1706

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama