Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis computational thinking bagi guru-guru matematika SMP di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI)

Authors

  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • M Fachrurrozi Universitas Sriwijaya
  • M. Aidil Fitrisyah Universitas Sriwijaya
  • Nabila Hauda Universitas Sriwijaya
  • Fitri Rahmadhani Universitas Sriwijaya
  • Lisa Amelia Universitas Sriwijaya
  • Dinda Fitri Humaira Universitas Sriwijaya
  • Khairudin Khairudin Universitas Sriwijaya
  • Afifah Julianti Universitas Sriwijaya
  • Agina Laurencia Sembiring Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7249

Keywords:

computational thinking, LKPD, matematika SMP

Abstract

Computational thinking merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik, namun guru-guru masih belum begitu memahami dengan baik tentang computational thinking ini, serta bagaimana menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis computational thinking. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan computational thinking dan integrasinya pada LKPD kepada guru-guru matematika di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan, dan diharapkan guru-guru matematika tersebut dapat mendesain sendiri LKPD yang berbasis computational thinking. Sasaran yang terlibat dalam kegiatan ini adalah sebanyak 35 orang guru matematika tingkat sekolah menengah pertama. Metode kegiatan terdiri dari sosialisasi, workshop, dan implementasi hasil workshop di kelas masing-masing. Sosialisasi telah mendapatkan pemahaman guru tentang computational thinking dengan skor 82,60 dengan kategori baik. Workshop telah menghasilkan LKPD matematika berbasis computational thinking, dengan kemunculan komponen dekomposisi sebanyak 75%, pengenalan polan 75%, abstraksi 56%, dan algoritma 94%. Implementasi LKPD telah dilakukan dengan hasil yang memuaskan, dan disarankan agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan guru SMP dalam menyusun lembar kerja peserta didik menggunakan liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5 (4).

Barr, D., Harrison, J., & Conery, L. (2011). Computational thinking: A digital age skill for everyone. Learning and Leading with Technology, 38(6).

Boom, K. D., Bower, M., Siemon, J., & Arguel, A. (2022). Relationships between computational thinking and the quality of computer programs. Education and Information Technologies, 27(6). https://doi.org/10.1007/s10639-022-10921-z.

Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). An overview of computational thinking. International Journal of Computer Science Education in Schools, 3(1). https://doi.org/10.21585/ijcses.v3i1.53.

Griselda, V. E. (2021). Peningkatan computational thinking guru dalam menghadapi blended learning. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1291

Hamdunah, H., & Lucky Heriyanti Jufri. (2022). Pelatihan pembuatan LKPD berbasis masalah pada guru matematika SMP. AbdiMuh, 3(1). https://doi.org/10.35438/abdimuh.v2i2.185

Hapizah, Mariela, A.M., Mulyono, B. (2024). Assessing seventh-grade students' computational thinking skills through problem-based learning: Focus on integer addition and subtraction. Journal of Honai Math, 7(2). https:/doi.org/10.30862/jhm.v7i2.560

Herlina, S., Zetriuslita, Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan desain LKPD dalam pembelajaran matematika terintegrasi karakter positif bagi guru-guru sekolah menengah/madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2). https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Pratiwi, W. D., Scristia, S. Yukans, S. S., Utari, R. S., & Azka, D. A. (2024). Pendampingan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah. Jurnal Anugerah, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6423

Knie, L., Standl, B., & Schwarzer, S. (2022). First experiences of integrating computational thinking into a blended learning in-service training program for STEM teachers. Computer Applications in Engineering Education, 30(5). https://doi.org/10.1002/cae.22529

Lye, S. Y., & Koh, J. H. L. (2014). Review on teaching and learning of computational thinking through programming: What is next for K-12? In Computers in Human Behavior (Vol. 41). https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.09.012

Saad, A. (2020). Students’ computational thinking skill through cooperative learning based on hands-on, inquiry-based, and student-centric learning approaches. Universal Journal of Educational Research, 8(1). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080135

Salehudin, M. (2023). Menggunakan model pembelajaran untuk implementasi computational thinking bagi guru madrasah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.780

Salwadila, T., Hapizah. (2024). Computational thinking ability in mathematics learning of exponents in grade IX. Infinity Journal, 13 (2). https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p441-456

Santoso, A., & Kadeni. (2022). Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bagi guru Sekolah Dasar. Journal of Community Service and Engagement, 01.

Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan proses pembuatan soal berbasis computational thinking kepada guru pada guru-guru tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1568

Toyib, M., Faiziyah, N., Sutarni, S., & Hasan, T. R. (2023). Pelatihan dan pendampingan guru matematika dalam pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis ethnomathematics pada pembelajaran matematika SMP Di Kartasura Jawa Tengah. Jurnal Terapan Abdimas, 8(2). https://doi.org/10.25273/jta.v8i2.15004

Tripon, C. (2022). Supporting future teachers to promote computational thinking skills in teaching STEM—A Case Study. Sustainability (Switzerland), 14(19). https://doi.org/10.3390/su141912663

Wing, J. (2014). Computational thinking benefits society. Journal of Computing Sciences in Colleges, 24(6).

Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366(1881). https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118.

Wulan, N. S., Kasmad, M., & Caturiasari, J. (2022). Seminar dan pelatihan computational thinking skills di lingkungan Sekolah Dasar kabupaten purwakarta. Jurnal Abmas, 22(1). https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47588

Yustinaningrum, B., & Mandasari, L. (2024). Pelatihan pembuatan LKPD dengan pendekatan kontekstual bagi guru SMP. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2).

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021 era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Hapizah, H., Mulyono, B., Fachrurrozi, M., Fitrisyah, M. A., Hauda, N., Rahmadhani, F., Amelia, L., Humaira, D. F., Khairudin, K., Julianti, A., & Sembiring, A. L. (2024). Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis computational thinking bagi guru-guru matematika SMP di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI). Jurnal Anugerah, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7249