Current Issue

Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Volume 4 Nomor 1, Agustus 2022

e-ISSN: 2715-8179gggggy.png Prefix: 10.31629 by crossref_logo.png

Terakreditasi Nasional Peringkat SINTA 4

Dikarenakan adanya proses Version Upgrading pada OJS System sebagai bagian dari mandatory OJS maintenance yang menyebabkan website OJS tidak dapat diakses dalam periode tertentu, maka periode publikasi Jurnal Anugerah Volume 4 Nomor 1 tahun 2022 mengalami pergeseran waktu terbit.

Di samping itu, mengingat telah terakreditasinya Jurnal Anugerah secara nasional pada database SINTA (peringkat 4) maka telah dilakukan sejumlah penyesuaian tata kelola pengelolaan jurnal ilmiah nasional baik dari aspek teknis maupun substantif. Mempertimbangkan sejumlah hal tersebut, terbitan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 dipublikasikan pada bulan Agustus 2022.

Pada tahun 2022 terjadi peningkatan jumlah artikel dan juga keberagaman afiliasi penulis serta topik kegiatan yang diangkat dalam artikel ilmiah. Penulis artikel ilmiah Jurnal Anugerah Volume 4 Nomor 1 berasal dari sejumlah afiliasi berikut:

  1. Universitas Timor, Nusa Tenggara Timur
  2. Universitas Maritim Raja Ali Haji, Provinsi Kepulauan Riau
  3. Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan
  4. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Maluku Utara
  5. Universitas Samudera, Aceh
  6. Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jawa Timur
  7. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  8. IAIN Sorong, Papua Barat
  9. Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan
  10. Universitas Negeri Malang, Jawa Timur
  11. SMP Negeri 2 Singkep Pesisir, Kepulauan Riau
  12. SMAN 7 Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Published: 2022-08-29

Articles

View All Issues

Judul Jurnal : Jurnal Anugerah
Inisial : JA
Frekuensi : 2 Issues every year (Mei & November)
DOI : https://doi.org/10.31629/anugerah
Akreditasi : National (SINTA 4)
e-ISSN : 2715-8179
Bidang : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Editor in Chief : Puji Astuti, S.Pd., M.Sc.
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji
Citation Analysis : SINTA, GARUDA, Google Scholar
Email : jurnalanugerah@umrah.ac.id
Websites : https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah

CALL FOR PAPERS VOLUME 7 2022

ISSN: 2715-8179 (Online)
gggggy.png Prefix: 10.31629 by crossref_logo.png

Akreditasi Nasional SINTA 4  (Keputusan Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek Republik Indonesia Nomor 164/E/KPT/2021)       

Jurnal Anugerah mempublikasikan artikel ilmiah hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan fokus sebagai berikut

  • Matematika dan Sains
  • Sosial Humaniora
  • Bahasa dan Sastra
  • Seni dan Budaya

Artikel dengan fokus di atas dapat mencakup tujuan kegiatan diantaranya 

  • Peningkatan daya saing (peningkatan kualitas, kuantitas, serta nilai tambah barang, jasa, diversifikasi produk, atau sumber daya lainnya)
  • Peningkatan penerapan IPTEK di masyarakat (mekanisasi, IT, dan manajemen)
  • Perbaikan tata nilai masyarakat (dalam aspek pendidikan  yang meliputi salah satu atau sejumlah fokus di atas)

Sementara itu, Pengabdian Kepada Masyarakat dapat mencakup jenis kegiatan diantaranya 

  • Pendidikan Masyarakat : digunakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti a) pelatihan semacam in-house training; b) penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, dan sebagainya
  • Konsultasi: digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang di dalamnya persoalan atau kebutuhan dalam masyarakat diselesaikan melalui sinergisme dengan Perguruan Tinggi
  • Difusi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan produk bagi pengguna
  • Pelatihan: digunakan untuk kegiatan yang melibatkan a) penyuluhan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya, b) pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan, c) pembentukan kelompok kerja, d) penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat
  • Mediasi: digunakan untuk kegiatan yang di dalamnya pelaksana PkM memposisikan diri sebagai mediator para pihak yang terkait dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat
  • Simulasi Ipteks: digunakan untuk kegiatan yang karya utamanya adalah sistem informasi atau sejenisnya. Kegiatan ini ditujukan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara nyata
  • Substitusi Ipteks: Digunakan untuk kegiatan yang menawarkan ipteks baru yang lebih modern dan efisien daripada ipteks lama (Ipteks berupa TTG)
  • Advokasi : digunakan untuk kegiatan yang berupa pendampingan

Untuk dapat memberikan gambaran mengenai relevansi artikel yang akan dikirim  oleh penulis terhadap fokus dan cakupan artikel yang ditetapkan Jurnal Anugerah, maka penulis dapat menggunakan Indikator Relevansi Lanjutan di bawah ini. Artikel dinyatakan sesuai dengan fokus dan cakupan bila memenuhi salah satu dari indikator berikut

  • Kelompok pelaksana (penulis artikel) berasal dari bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan topik Pengabdian Kepada Masyarakat relevan dengan dunia pendidikan diberikan pada kelompok masyarakat satuan pendidikan. Contoh dalam kategori ini adalah artikel yang ditulis oleh sekelompok dosen berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di satuan pendidikan dengan topik pelatihan mobile learning untuk para guru Matematika.
  • Kelompok pelaksana (penulis artikel) berasal dari bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan topik Pengabdian Kepada Masyarakat relevan dengan dunia pendidikan diberikan pada kelompok masyarakat umum. Contoh dalam kategori ini adalah artikel yang ditulis oleh sekelompok dosen berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di kelompok masyarakat umum dengan topik pelatihan pendidikan karakter bagi masyarakat.
  • Kelompok pelaksana (penulis artikel) bukan berasal dari bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, namun dengan topik Pengabdian Kepada Masyarakat relevan dengan dunia pendidikan diberikan pada kelompok masyarakat satuan pendidikan (latar belakang masalah, solusi, hasil dan pembahasan disajikan dari sudut pandang pendidikan). Contoh dalam kategori ini dikatakan relevan artikelnya adalah artikel yang berasal dari penulis yang merupakan dosen pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat dari bidang Ilmu Teknologi Informasi memberikan kegiatan pengenalan terkait Big Data kepada kelompok siswa Sekolah Menengah.
  • Kelompok pelaksana (penulis artikel) bukan berasal dari bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, namun dengan topik Pengabdian Kepada Masyarakat relevan dengan dunia pendidikan diberikan pada kelompok masyararakat umum (latar belakang masalah, solusi, hasil dan pembahasan disajikan dari sudut pandang pendidikan). Contoh dalam kategori ini dikatakan relevan artikelnya adalah artikel yang berasal dari penulis yang merupakan dosen pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat dari bidang Ilmu Teknologi Informasi memberikan kegiatan pengenalan terkait Literasi Teknologi dan Big Data kepada masyarakat umum.

Sebelum menyerahkan artikel dan dokumen kelengkapan, penulis melakukan penilaian terhadap eligibilitas artikel menggunakan instrumen pemeriksaan eligibilitas artikel Jurnal Anugerah. Kemudian lakukan pemeriksaan kemiripan dokumen artikel Anda secara mandiri untuk terhindar dari plagiarisme dengan menggunakan software pemeriksaan kemiripan. Toleransi kemiripan maksimal 20% untuk dapat melanjutkan penyerahan dokumen artikel ke OJS Jurnal Anugerah.

Selanjutnya, lengkapi dokumen berikut untuk melakukan proses penyerahan artikel Anda di Jurnal Anugerah

  • Dokumen artikel yang diketik mengikuti template artikel Jurnal Anugerah dalam format Ms. Word (Unggah pada menu Add File proses submission)
  • Surat komitmen publikasi dan pernyataan penulis yang ditandatangani dan diunggah dalam bentuk PDF (Unggah pada menu Add File proses submission setelah mengunggah file artikel)
  • Dokumen perjanjian transfer hak cipta yang ditandatangani dan diunggah dalam bentuk PDF (Unggah pada menu Add File proses submission setelah mengunggah file artikel dan surat komitmen publikasi dan pernyataan penulis)

Pengindeks

Google ScholarGarba Rujukan Digital (Garuda), Bielefeld Academic Search Engine (BASE), Crossref, Scilit