Pelatihan penyusunan modul ajar berorientasi nilai bagi guru komunitas belajar matematika SMA Kabupaten OKI untuk mendukung penguatan nilai karakter siswa

Authors

  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Umi Chotimah Universitas Sriwijaya
  • Meryansumayeka Meryansumayeka Universitas Sriwijaya
  • Elsa Susanti Universitas Sriwijaya
  • Hendra Lesmana Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7300

Keywords:

modul ajar berorientasi nilai, nilai karakter siswa, wizer.me

Abstract

Pendidikan matematika di Indonesia perlu mengintegrasikan nilai-nilai untuk mencapai tujuan nasional, namun pemahaman guru masih terbatas. Program PkM ini melatih guru Kombel Matematika SMA Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam menyusun modul ajar berorientasi nilai dan menghasilkan peningkatan pemahaman dan keterampilan yang guru dalam mengintegrasikan nilai dalam pembelajaran matematika. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan secara sistematis melalui berbagai tahapan, diantaranya 1) analisis kebutuhan, 2) persiapan, 3) sosialisasi, 4) pelatihan dan penerapan teknologi, 4) pendampingan, 5) evaluasi, 6) tindak lanjut. Peserta kegiatan PkM ini adalah guru kombel matematika SMA kabupaten Ogan Komering Ilir. Berdasarkan hasil analisis angket dan dokumen modul ajara berbasis nilai yang telah disusun oleh mitra, pelatihan yang telah diberikan mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Kombel Matematika SMA Kabupaten OKI dalam menerapkan nilai (value) dan menyusun modul ajar berorientasi nilai. Selain itu, guru mampu menggunakan wizer.me untuk pembelajaran interaktif. Program ini telah memberikan dampak positif dalam memperkaya pengetahuan dan memperkuat keterampilan dalam menyusun modul ajar berorientasi nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N. (2015). Nilai-nilai yang diterapkan guru pada pengajaran matematik sekolah menengah pertama. Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Aisyah, N., Afissa, A., Scristia, S., & Araiku, J. (2021). Students’ mathematics educational values in problem-solving at Senior High School. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2093. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3877

Anwar, R., N. 2023. Pelatihan penyusunan modul ajar projek penguatan profil pelajar pancasila pada satuan pendidikan program sekolah penggerak. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 102-109.

Ardiansyah, M. (2022). Teknologi dalam pembelajaran berbasis nilai: manfaat dan tantangan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 15(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jip.v15i1.7890

Bishop, A. (2020). Values in mathematics education. In Encyclopedia of mathematics education (pp. 893–896). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_160

Clarkson, P., Bishop, A., & Seah, W. T. (2023). Mathematics education and student values: The cultivation of mathematical wellbeing revisited. In Second International Research Handbook on Values Education and Student Wellbeing (pp. 1113–1141). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-24420-9_61

Dwi, D. N. U. R., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). Internalisasi nilai dalam pembelajaran matematika untuk melatih profil pelajar pancasila peserta didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28–36. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.28-36

Hariyanti, R., N. 2022. Penggunaan media look at the picture dalam pembelajaran menulis puisi rakyat kelas VII SMP Negeri 1 Sugihwaras, Bojonegoro.Bapala, 9(6), 76–87.

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan desain lkpd dalam pembelajaran matematika terintegrasi karakter positif bagi guru-guru sekolah menengah/madrasah di pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Hidayat, A., & M. T. (2021). Pendidikan karakter dan integrasi nilai moral dalam kurikulum matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 198–210. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpk.v12i2.3456

Hill, J. L., & Hunter, J. (2023). Examining the mathematics education values of diverse groups of students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(8), 1614–1633. https://doi.org/10.1080/0020739X.2023.2184280

Hill, J. L., & Hunter, J. (2024). Diverse students’ mathematical wellbeing. New Zealand Journal of Educational Studies, 1–24. https://doi.org/10.1007/s40841-024-00318-6

Kemendikbud. (2023). Panduan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Maryam, Siti et al. 2022. Pelatihan penyusunan modul ajar yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif. Journal of Empowerment, 3(1), 82. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Nurpadillah, V. et al. 2024. Pelatihan penyusunan modul ajar berbasis augmented reality bermuatan nilai karakter pancasila untuk guru bahasa indonesia Mts Se-Kota Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 51-61.

Nyimas, A., Dollah, M. U., & Saad, N. S. (2013). Kajian awal tentang penerapan nilai dalam pengajaran matematik di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematik Malaysia, 3(2), 13–23.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018. Permendikbud. p. 1–12.

Regina, B. D., Suwandayani, B. I., Kuncahyono, K., & Salamah, E. R. (2024). Pendampingan IKM dalam penyusunan modul ajar berorientasi literasi budaya di SDM Pendil Probolinggo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2002-2010.

Sari, I. , R. F. , & P. A. (2023). Efektivitas penggunaan teknologi interaktif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 89–101. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jtp.v10i1.5678

Wibowo, Y. (2020). Pentingnya pendidikan berbasis nilai dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(4), 325–334. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpn.v8i4.4321

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Aisyah, N., Chotimah, U., Meryansumayeka, M., Susanti, E., & Lesmana, H. (2024). Pelatihan penyusunan modul ajar berorientasi nilai bagi guru komunitas belajar matematika SMA Kabupaten OKI untuk mendukung penguatan nilai karakter siswa. Jurnal Anugerah, 6(2), 213–228. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7300

Most read articles by the same author(s)