Pendampingan Penulisan Artikel pada Jurnal Nasional bagi Guru Matematika: dari Laporan PTK menuju Manuskrip
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2714Keywords:
matematika, pendampingan penulisan artikel ilmiah, penelitian tindakan kelas, pengabdian kepada masyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendapingi guru dalam menulis artikel ilmiah berdasarkan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mereka lakukan. Peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini adalah sebanyak 68 guru matematika SMP dan SMA dari target 40 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring melalui tiga sesi synchronous dan dua kegiatan asynchronous. Pada sesi synchronous dilakukan pelatihan mengenai PTK, tata cara penulisan artikel ilmiah hasil PTK, dan demonstrasi dalam mengunggah artikel ilmiah pada jurnal nasional. Sesi asynchronous dilakukan sebagai wadah pendampingan peserta selama mereka mengerjakan tugas berupa penelitian dan menuliskan artikel ilmiah. Dari hasil pendampingan, diperoleh 7 artikel ilmiah yang dibuat oleh guru dan diuanggah ke salah satu jurnal nasional. Tanggapan peserta masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil refleksi menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap PTK mereka masih perlu ditingkatkan terutama dalam hal menganalisis hasil PTK dan inisiatif dalam melaksanakan PTK. Guru harus memakanai bahwa PTK harus dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya dalam hal kepengurusan kenaikan pangkat.
Downloads
References
Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. (2018). IBM guru Sekolah Dasar melalui pelatihan peningkatan keteramilan menulis artikel penelitian tindakan kelas. ABDIMAS, 20(2), 137 - 142.
Hartono, Y., Somakim, Pratiwi, W. D., Araiku, J., & Nuraeni, Z. (2019). Pendampingan penggunaan LaTeX untuk penulisan artikel ilmiah bagi dosen Universitas PGRI Palembang. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 51-57.
Hiasa, F., & Canrhas, A. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kemampuan guru di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33-40.
MENPANRB. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Mettetal, G. (2002). The what, why and how of classroom action research. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 6 - 13.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97 - 114.
Ridwan, A. S. (2017). Peningkatan mutu di kalangan guru SD Gugus Diponegoro Kecamatan Ungaran Barat dengan kemampuan penyusunan proposal PTK melalui workshop. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 23 - 30.
Sagor, R. (2000). Guiding school improvement with action research. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Santoso, B., Aisyah, N., Hapizah, H., Meryansumayeka, M., Sukmaningthias, N., & Pratiwi, W. D. (2019). Pendampingan inovasi bagi MGMP matematika SMP Kota Palembang untuk menghasilkan proposal penelitian tindakan kelas berbasis ICT. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 91-97.
Schön, D. (1983). The reflective practioner. NN: Basic Book.
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal Abdimas Pedagogi, 1(1), 1 - 7.
Wardani, Karsiwan, Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2019). Pendampingan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan profesionalisme guru di Kabupaten Prongsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 323-342.
Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto. (2019). Pelatihan dan pendampingan penyusunan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) bagi Guru IPS SMP/MTS Malang Raya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 2(1), 6-12.