ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG MEMBACA DENAH
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i2.866Keywords:
analisis kesalahan, kesalahan konseptual dan prosedural, membaca denahAbstract
Membaca denah merupakan sub materi pada topik Skala pada pelajaran matematika di SD yang dalam materi pembelajarannya tidak selalu mengharuskan siswa untuk menghitung, namun menuntut kemampuan menalar atau berpikir kritis. Membaca denah memerlukan ketelitian dan pemahaman menganalisa dari siswa. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tentang membaca denah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal membaca denah tersebut. Jenis penelitian ini berupa deskriptif eksploratif kualitatif dengan subjeknya terdiri dari 15 siswa kelas V SD Muhammadiyah Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman. Penelitian dilakukan dengan cara memberikan 3 nomor soal untuk sebuah denah dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua kesalahan utama siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan konseptual meliputi: (1) Kesalahan menganalisa konsep membaca denah; (2) Kesalahan menyebutkan arah mata angin pada denah; (3) Kesalahan memersepsikan denah. Sedangkan kesalahan prosedural meliputi: (1) kesalahan menentukan arah jalan pada denah, dan; (2) kesalahan memaknai soal.