Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i2.5601Keywords:
Hasil Belajar, model pembelajaran inkuiri terbimbing, Modul, motivasiAbstract
Abstrak
Pembelajaran materi ikatan kimia dengan metode konvensional cenderung kurang Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu modul yang pembelajarannya berpusat pada siswa dapat diterapkan untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan soal tes. Analisis data menggunakan uji uji t independen dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi belajar diperoleh thitung ? ttabel = 2.691 ? 1.994 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,009 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar diperoleh thitung ? ttabel = 5.385 ? 1.994 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, modul, motivasi, hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kiprah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.