Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia

Authors

  • Moh. Kamal Halim Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Tutik Sri Wahyuni Program Studi Tadris Kimia, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i2.5601

Keywords:

Hasil Belajar, model pembelajaran inkuiri terbimbing, Modul, motivasi

Abstract

Abstrak

Pembelajaran materi ikatan kimia dengan metode konvensional cenderung kurang Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu modul yang pembelajarannya berpusat pada siswa dapat diterapkan untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan soal tes. Analisis data menggunakan uji uji t independen dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi belajar diperoleh thitung ? ttabel = 2.691 ? 1.994 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,009 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar diperoleh thitung ? ttabel = 5.385 ? 1.994 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, modul, motivasi, hasil belajar.

Downloads

Published

2024-01-23