Implementasi Pembelajaran Langsung Pendekatan Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3287Keywords:
hasil belajar, pendekatan problem posing, siklus akuntansi perusahaan dagangAbstract
Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang merupakan salah satu kompetensi dasar yang dibahas pada mata pelajaran Ekonomi. Ikhtisar ini termasuk materi esensial yang harus dikuasai siswa karenan elalu keluar dalam soal-soal ujian nasional. Namun, siswa kurang menguasai materi tersebut. Dilihat dari hasil ujian yang rendah. Hal ini dikarenakan siswa pasif kurang responsif selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, guru memilih model pembelajaran baru untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendekatan Problem posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajaralam proses pembelajaran, dan mengukur perbedaan hasil belajar setiap siklus dalam proses pembelajaran ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang dengan pendekatan Problem posing. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran Problem posing yang ditunjukkan dari nilai ketuntasan belajar siswa rata-rata di siklus I 66,67 % dan siklus II sebesar 92,86 %.