Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Aplikasi Liveworksheet Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar

Authors

  • Yulismar Yulismar SMP Negeri 11 Tanjungpinang
  • Rahma Nuzulia

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i2.5055

Keywords:

Students’worksheet;, Liveworksheet;, Activeness;, Achievement;

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran di kelas adalah kurangnya minat peserta didik dalam mengerjakan tugas dan banyaknya peserta didik yang tidak hadir dalam pembelajaran. Hal ini tentu akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Guna mengatasi permasalah tersebut, maka peneliti sebagai kepala sekolah melakukan penelitian tindakan dengan memanfaatkan LKPD berbasis liveworksheet guna meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 uraian kegiatan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah guru mata pelajaran yang terlibat adalah 8 orang yang terdiri dari Pendidikan Agama Islam (PAI), PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya serta Bimbingan Konseling (BK). Sedangkan jumlah keseluruhan siswa adalah 287. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan siswa dalam hal mengerjakan tugas dan kehadiran yang dilihat pada siklus I dan II. Rata-rata kehadiran peserta didik di dalam pembelajaran dari 87% meningkat menjadi 95%, dan rata-rata keaktifan mengerjakan tugas pada siklus dari 79% menjadi 94%. Nilai rata-rata hasil belajar menggunakan LKPD berbasis liveworksheet dari 85 menjadi 92.

 

The problems in learning are that students frequently did not attend the class and do the exercises or homework. These problems will influence students’ achievement average scores, so the researcher does the school action research for problem-solving by utilizing the Lifeworksheet-based-student worksheet. This action research consists of 2 cycles. Each cycle consists of 4 descriptions of activities, including planning, implementation, observation, and reflection. The number of teachers involved is eight teachers consisting of Islamic Religious Education (PAI), PPKn, Indonesian Language, Mathematics, Science, Social Studies, Cultural Arts, and Counseling Guidance (BK). The total of students are 287. In the Data analysis, the researcher uses qualitative descriptive methods. The results showed an increase in students' percentage of activity in terms of doing assignments and attendance seen in cycles I and II. The average score of learning outcomes using life worksheet-based worksheets increased from 85 to 92. The students' average attendance in online learning from 87% increased to 95%, and the average activity of doing assignments in the cycles from 79% to 94%.

 

Downloads

Published

2023-03-31