Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Dengan Penggunaan Strategi Tutor Sebaya Dan Snowball Throwing Pada Peserta Didik SMA N 15 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Wiji Utami SMA N 15 Batam

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i1.1007

Abstract

Abstrak

Dari pengamatan awal bahwa nilai peserta didik masih rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor; baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar, Dari faktor murid, ketersediaan sarana prasarana pendukung pembelajaran, faktor ekonomi siswa dll, diperoleh rata-rata awal baru mencapai nilai 68,41 dengan ketuntasan belajar 33,33%, peneliti berupaya mengganti metode konvensional menjadi metode yang konstruktivis menggunakan strategi tutor sebaya dan Snowball Throwing. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA N 15 Batam dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan masing-masing mulai perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan prestasi belajar pada siklus I menjadi 72,10 dengan ketuntasan belajar 48,72% dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu rata-rata kelas yang dicapai 83,20  sudah melebihi KKM mata pelajaran 75 di sekolah ini dengan ketuntasan belajar 89,74% yang melebihi tuntutan indikator keberhasilan penelitian yaitu 85%. Kesimpulan yang bisa disampaikan adalah penggunaan strategi tutor sebaya dan Snowball Throwing dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 Kata kunci : strategi tutor sebaya; snowball throwing; prestasi belajar

 

Abstract

This study is a classroom action research aiming to improve student achievement in the XI IPS 1 class of SMA N 15 Batam. The research was conducted in two cycles with each stage startingwith planning, followed by implementation, observation and reflection. Based on initial observation, students gained lower everage 68,41with 33,33% completeness. It  caused by several factors; student, the availability of learning infrastructure, and also student economic condition etc,.Regarding that situation, Researcher  attempt to replace the conventional method to Constructivist methods by using  peer tutoring strategies and Snowball Throwing. Data was collected using tests and analyzed by descriptive analysis, the first cycle, the everage  increasing to 72.10 with 48.72%  learning completeness and in the second cycle had increased as expected, the class average achieved 83.20 had exceeded the KKM 75 subjects in this school with learning completeness 89.74% which exceeds the demands of the indicator of research success which is 85%. The conclusion that can be conveyed is the use of peer tutoring strategies and Snowball Throwing in the learning process can improve student learning achievement.

 Keywords : peer tutorial strategy ;snowball throwing ;student achievement

 

 

Downloads

Published

2019-07-29