Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media PowerPoint Berbasis Montessori pada Materi Sistem Pencernaan Kelas V di SDN Kalisalam II

Authors

  • Ani Anjarwati Program Studi PGSD, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Vega Fakis Alahmani Alahmani Program Studi PGSD, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Wulan Agustin Program Studi PGSD, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Lely Nur Fitria Universitas Panca Marga
  • Nur Afrika Lita Dewi Program Studi PGSD, Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i2.5388

Keywords:

hasil belajar, media powerpoint, montessori

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan media PowerPoint berbasis montessori pada materi sistem pencernaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam 2 siklus di mana di tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah skor rata-rata nilai dari pre-test adalah 45,22% sedangkan rata-rata nilai dari post-test adalah 80,83% dengan kriteria yang baik. 

 

Abstract

This research aims to improve science learning outcomes using montessori-based powerpoint media on digestive system material. This research uses a classroom action research approach. The stages of implementing this research are divided into 2 cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using tests. The data analysis technique uses descriptive quantitative. The results of this research are that the average score from the pre-tests 45.22%, while the average score from the post-test is 80.83%, with good criteria.

Downloads

Published

2024-01-22