KORELASI ANTARA MEDIA LICUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IA SD AL KHAIRIYYAH TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i2.1447Abstract
Siswa kelas I masih dalam tahap operational konkrit, dimana perlu benda konkrit untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Al Khairiyyah Kota Tegal yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh yaitu dengan menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil uji statistik deskriptif pada penggunaan media LCD menunjukkan rerata 79,6. Sedangkan hasil uji statistik deskriptif minat belajar siswa menunjukkan rerata 80,9. Pengujian hipotesis koefisien korelasi penggunaan media LCD dengan minat belajar siswa dengan taraf signifikan 5% diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,452 > 0,159 dan nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Berdasarkan uji hipotesis tersebut menunjukkan adanya korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa kelas I SD Al Khairiyyah Kota Tegal. Sehingga Ha yang menyatakan bahwa ada korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa SD Al Khairiyyah Kota Tegal dapat diterima.