Penanganan Keterlambatan Berbicara Melalui Dongeng Fabel Menggunakan Media Boneka Jari

Authors

  • Sisi Rosida Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ristra Sandra Ritonga Program Studi Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rizky Vita Losi Program Studi Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i1.5907

Keywords:

anak usia dini, bercerita, boneka jari, fabel, dan keterlambatan berbicara.

Abstract

Masalah terlambat berbicaraipada anak prasekolah saat ini menjadi momok utama setiap orang tua. Setiap tahunnya, kasus keterlambatan bicara dipastikan mengalami peningkatan. Anakiyangimengalamii lambat bicara akan menghadapi beberapa hambatan pada iproses ibelajarnya pada sekolah, idiantaranya  kesulitan  belajar, membaca, imenulis, serta rangkaian problematika kecerdasan. Adapun upaya yang dilakukan buat mengatasi konflik tersebut melalui dongeng fabel memakai boneka jari. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses penggunaan dongeng fabel memakai boneka jari dalam menangani keterlambatan bicara di anak. iPenelitian inii memakai metode penelitian lapangan yangi sifatnya naratif kualitatif. Hasil penelitian mendeskripsikan upaya yang dimplementasikan pendidik mengatasi keterlambatan bicara anakiyaitu memakai metode fabel melalui boneka jari. Pemberian ransangan dengan “bermain peran†memakai boneka jari sebagai media yang menumbuhkan rasa percaya diri si anak, melahirkan interaksii secara ilangsung antara anak serta guru yang menganyam komunikasi serta stimulus pada anak. iPerlahan anak yang mengalami iketerlambatan bicara mulai membukai dirinya, mengucapkan kata-kata singkat meskipun ia masih terbata-bata.

Downloads

Published

2023-06-30