PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS IX6 SMP NEGERI 2 BUKITTINGGI

Authors

  • Rina Devira

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v4i1.405

Keywords:

Keterampilanberbicara,metodeinvestigasikelompok,pendekatan kooperatif,siklus,refleksi

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya keterampilan berbicara peserta didik untuk melaporkan beberapa peristiwa  dengan menggunakan kalimat yang jelas kelas IX 6 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan  memperhatikan  lafal,   struktur  kalimat,  diksi,  kelancaran  berbicara, ekspresi dan ide yang tepat dengan menggunakan metode investigasi kelompok dan mendeskripsikan bagaimana faktor penunjang dan penghambat dalam peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Data kualitatif dikumpulkan dari observasi dan catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes  unjuk kerja peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa peserta didik kelasIX6 SMP Negeri2 Bukittinggi mengalami peningkatan yaitu 80,23% dengan nilairata-rata82,73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbicara peserta  didik dengan memperhatikan lafal, struktur kalimat,diksi,kelancaran berbicara, ekspresi dan ide.

Published

2016-06-29

Issue

Section

Articles