A Artikel IPA_Painem, S.Pd.SD

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) PADA PESERTA DIDIK KELAS VI

  • Painem parmanto suami

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA kompetensi dasar cara perkembangbiakan tumbuhan melalui metode pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VI SDN Polokarto 01 Sukoharjo yang berjumlah 23 peserta didik.

Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes yang meliputi pengamatan, baik aspek keterampilan sosial maupun pengamatan dari teman sejawat, catatan harian dan wawancara. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik meningkat dibuktikan dari perolehan nilai pada kondisi awal hanya 8 peserta didik atau (35%) yang mendapatkan nilai di atas KKM, pada siklus I meningkat menjadi 17 peserta didik atau (74%), siklus II perolehan nilai mendekati sempurna yaitu 22 peserta didik atauĀ  96% dari 23 peserta didik dengan kriteria ketuntasanĀ  minimal (KKM) 70. 2) kreativitas peserta didik juga meningkat dilihat dari perubahan perilakunya yang dapat diketahui dari hasil nontes yang terkumpul melalui lembar pengamatan yaitu 78% masih kurang pada kondisi awal, tetapi pada siklus I 78% kreativitas peserta didik cukup, dan pada siklus II mencapai 100% baik.

Kata kunci: metode pembelajaran Problem Based Introduction (PBI), kreativitas, hasil belajar

Published
2019-11-28
Section
Articles