Implementasi Metode PjBL pada Pembelajaran Rangkaian Listrik Sederhana di SDN Ketompen

Authors

  • Ani Anjarwati Universitas Panca Marga
  • Rizka Amelia Putri Universitas Panca Marga
  • Mely Tri Maulidya Universitas Panca Marga
  • Megawati Megawati Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i2.5362

Keywords:

post test; pretest; electrical circuit; Project Based Learning.

Abstract

IPA ialah suatu ilmu teoritis, tetapi teori ini terutama didasarkan pada pengamatan eksperimental dari fenomena alami ini. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan diakhiri dengan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil pencapaian peserta didik ketika melakukan pre-test membuktikan nilai persentase yang diperoleh sekitar 50% dari 20 siswa, sedangkan hasil pecapaian siswa ketika melakukan post-test dan setelah melakukan kegiatan (praktik) mumbuktikan nilai persentase 100%.

 

Science is a theoretical science, but this theory is based primarily on experimental observations of these natural phenomena. This research aims to implement PjBL learning (project-based learning). This research is classroom action research. This research uses stages, namely planning, implementation, observation and ending with reflection. Data collection was carried out using test techniques, observation and field notes. The data analysis technique in this research uses quantitative analysis techniques. The results of students' achievements when carrying out the pretest prove that the percentage value obtained is around 50% from 20 students, while the results of students' achievements when carrying out the post test and after carrying out activities (practice) prove a percentage value of 100%.

grafik berikut menunjukkan hasil peningkatan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan tes tertulis berbentuk pre-test, post-test, dan praktik membuat rangkaian listrik  sederhana menggunakan metode PjBL

Downloads

Published

2023-12-31