PENGEMBANGAN BLOG INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SOSIOLOGI KELAS X

Authors

  • Feri Hidayat Sahuri

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.282

Keywords:

Pemahaman Konsep, media interaktif, siswa

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan media alternatif berupa Blog dalam membantu peningkatan pemahaman konsep sosiologi kelas X di SMA N 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model McKenney yang terdiri dari tahap Preliminary, Prototyping dan Assesment Stage. Tahap Preliminary meliputi analisis peserta didik, analisis struktur isi dan analisis konsep. Prototyping merupakan tahap untuk merancang media alternatif Blog yang terdiri Prototype 1, Prototype 2 dan Prototype 3. Pada Prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews diperlukan untuk uji validitas Blog. Pada Prototype 2 dilakukan one to one evaluation yaitu mencobakan Blog yang sudah divalidasi kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Pada Prototype 3 dilakukan field test. Uji lapangan dilakukan untuk mengetahui praktikalitas Blog. Tahap terakhir adalah asessment yang merupakan tahap menerapkan Blog berbasis scientific approach dalam pembelajaran kemudian dilihat kemampuan peserta didik dengan menggunakan tes. Sumber belajar alternatif Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran. Blog yang digunakan dalam pembelajaran masih dapat berisi penjabaran materi, contoh soal, dan latihan yang yang dapat mendukung pelaksanaan pendekatan saintifik serta mengembangkan kemampuan pemahaman konsep.

Published

2017-12-31