ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN PENGUKURAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TEORI TES KLASIK DAN RASCH MODEL

Authors

  • Sukma Adi Perdana Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil perbandingan analisis kualitas instrumen pretest pengukuran pemahaman konsep melalui pendekatan teori tes klasik dan model Rasch ditinjau dari unsur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 4 butir soal pretest pengukuran pemahaman konsep dan 28 lembar jawaban siswa kelas IX-3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tanjungpinang dan diambil pada bulan April 2018. Selanjutnya data dianalisis melalui pendekatan teori tes klasik menggunakan bantuan program SPSS versi 23 dan model Rasch dengan software Winsteps.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas instrumen pengukuran pemahaman konsep melalui pendekatan teori tes klasik berkualitas baik dari segi validitas sedangkan melalui model Rasch belum memiliki kualitas yang baik. Reliabilitas instrumen melalui pendekatan teori tes klasik (0,536) dan model Rasch (0,71) termasuk kategori sedang (cukup). Berdasarkan indeks tingkat kesukaran melalui pendekatakan teori tes klasik belum memiliki kualitas yang baik, sedangkan hasil analisis melalui model Rasch menunjukkan tingkat kesukaran yang beragam yaitu mudah, sulit dan sangat sulit. Daya pembeda soal instrumen pretest pemahaman konsep melalui analisis kedua pendekatan berkategori buruk.

Downloads

Published

2018-10-22