Pengembangan Materi Morpho-Sytax Melalui Smart Chart
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3310Keywords:
Morpho-Syntax, pengembangan materi, smart chartAbstract
Morpheme dan Syntax merupakan subjek perkuliahan yang wajib diampu oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris, ironisnya, berdasarkan hasil observasi, 70% mahasiswa tidak memiliki ketertarikan dalam pembelajaran ini karena diaggap sebagai momok yang menakutkan. Sulitnya memahami buku saintifik bahasa asing, dan kelangkaan pembaharuan materi pembelajaran menjadi kendala mahasiswa, mengakibatkan mahasiswa hanya menggantungkan pemahaman mereka kepada dosen dalam proses pembelajaran tatap muka. Situasi pandemi yang mengharuskan mahasiswa untuk belajar mandiri dengan buku induk morphemes dan syntax yang sulit dipahami, serta metode pembelajaran yang monotone membuat pembelajaran daring menjadi tidak efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi tambahan Morpho-Syntax melalui smart chart bagi mahasiswa agar mudah dipahami dan dapat digabungkan dengan sumber pembelajaran lainnya. Untuk mencapai tujuan, peneliti menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan dengan mengadopsi dan mengadaptasi dari Borg and Gall yang dalam tiga langkah, yakni analisis kebutuhan, desain pengembangan dan validasi produk. Peneliti melakukan studi pendahuluan, mendesain pemecahan masalah dan mengembangkan materi pelengkap sejak akhir Agustus 2020 lalu melalui beberapa tahapan sampai akhirnya peneliti berhasil memproduksi materi tambahan English Morpho-Syntax berdasar pada Smart Chart. Berdasarkan hasil trying out yang telah dilakuakan, pengembangan materi ajar melalui Smart Chart mendapatkan hasil bahwa 75% mahasiswa dapat memahami pembelajaran Moprho-Syntax dengan baik.