ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v4i1.408Keywords:
Peluang, Kesalahan Siswa, Kategori Kesalahan menurut Watson, dan Persentase Kesalahan SiswaAbstract
Materi peluang menjadi fokus dalam studi ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan siswa dalam menjawab persoalan matematika terkait topik peluang dan mengkategorikan kesalahan tesebut.Analisa mengarah pada persentase jumlah siswa yang melakukan kesalahan di setiap nomor soal, persentase kesalahan masing-masing kategori per nomor soal, dan persentase setiap kategori kesalahan seluruh soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Tanjungpinang tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk uraian (essay) sebanyak empat soal yang terdiri dari 2 paket soal yang sudah divalidasi oleh guru matematika. Hasil studiberupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Watson yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung dan hierarkhi keterampilan. Hasil menunjukkan besarnya persentase setiap kategori kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan data tidak tepat sebesar 9,745%, prosedur tidak tepat
36,324%, data hilang 23,388%, kesimpulan hilang 4,864%, konflik level respon 0,980%, manipulasi tidak langsung 13,674%, dan hierarki keterampilan sebesar 4,611%. Hasil mengarahkan kepada input perbaikan terkait jenis kesalahn yang muncul.