Validitas Model Sharing Reading Literacy
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v11i1.4697Keywords:
Model Sharing Reading Literacy, Validitas, Pengembangan.Abstract
Abstrak
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyak Guru Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 15 Padang mengalami kesulitan dalam menganalisis tingkat validitasan model pembelajaran yang akan diujikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Di samping itu, Guru Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 15 Padang belum pernah melakukan analisis validitas model pembelajaran yang diujikan kepada siswa sehingga Guru Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 15 Padang tersebut tidak pernah mengetahui apa saja sistem pendukung dalam penerapan model pembelajaran yang akan diujikan kepada siswa-siswinya. Ini menyebabkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk validitas Model Sharing Reading Literacy serta tingkat validitas Model Sharing Reading Literacy yang valid akan diterapkan oleh Guru kepada siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pembelajaran menurut Dick dan Carey. Subjek pada penelitian ini yaitu Tim Validator. Berdasarkan analisis data dan pembahasaan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi isi tergolong valid yaitu: validiasi isi dengan nilai 60 atau kategori cukup valid sedangkan untuk hasil validasi konstruk tergolong sangat valid yaitu 100.ÂÂ
ÂÂ
Abstract
The problem behind this research is that there are still many Indonesian language teachers in Class X SMA Negeri 15 Padang having difficulty in analyzing the level of validity of the learning model that will be tested on Class X students at SMA Negeri 15 Padang. Besides that, the Indonesian Class X teacher of SMA Negeri 15 Padang has never conducted an analysis of the validity of the learning model that was tested on students. So that the Class X Indonesian teacher of SMA Negeri 15 Padang never knew what the support system was in implementing the learning model that would be tested on his students. So that the learning objectives cannot be achieved properly and optimally. This study aims to see the form of validity of the Sharing Reading Literacy Model and the level of validity of the valid Sharing Reading Literacy model that will be applied by the teacher to Class X students of SMA Negeri 15 Padang. This research is a development research that uses a Dick and Carey model. However, in this research, only up to the development stage (develop). The subject of this research is the validator team. Based on data analysis and discussion, it can be concluded that the content validation results are valid, namely . Content validation 60 with quite valid category. Meanwhile, the results of construct validation are classified as very valid, namely 100.
ÂÂ