STUDENTS’ WRITING OF SIMPLE PRESENT TENSE SENTENCES: AN ERROR ANALYSIS

Authors

  • Gatot Subroto

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v3i1.402

Keywords:

errors, kinds of errors, writing, simple present tense, sentence

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memaparkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menulis kalimat simple present tense dan untuk  mengetahui jenis-jenis kesalahan  manasajakah yang sering dilakukan oleh siswa tersebut. Sejalan dengan tujuan tersebut, jenis-jenis kesalahan yang dipaparkan oleh Dulay, Burt, and Krashen (1982:146) digunakan oleh peneliti sebagai landasan teori.Terdapat 4 (empat) jenis-jenis kesalahan yang dipaparkan oleh Dulay, Burt, and Krashenyaitu: (1) omission, (2) addition, (3) misformation, dan (4) misordering. Metode deskriptif dipakai untuk menjawab permasalahan-permasalahan penelitian melalui pendekatan kualititatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan karangan siswa  berhubungan dengan penggunaan simple present tense.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMPN 4 Tanjungpinang Tahun Akademik 2011/2012 sejumlah 37 siswa. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasilpenelitian ini secara umum menunjukkan bahwa siswa melakukan 4 (empat) jenis-jenis kesalahan yang dipaparkan oleh Dulay, Burt, and Krashen. Dari keempat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa, ada dua jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase masing-masing jenis kesalahan sebagai berikut: 40% untuk kesalahan omission, 14,29% untuk kesalahan addition, 41,21% untuk kesalahan misformation, dan 4,39% untuk kesalahan misodering.

Downloads

Published

2015-06-29

Issue

Section

Articles