This is an outdated version published on 2023-07-13. Read the most recent version.

Pola Asuh Guru Terhadap Anak Bekebutuhan Khusus Dalam Mendukung Pengembangan Diri Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kecematan Pontianak Tenggara

Authors

  • Iga Amalia Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Hasanah Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Desca Thea Purnama Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Sabran Achyar Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Nurwijayanto Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Pontianak

Keywords:

Pola Asuh, Pengembangan DIri, Guru, ABK

Abstract

Di SLB Dharma Asih Kecamatan Pontianak Tenggara, pola asuh guru terhadap ABK mendukung pengembangan diri. Tesis. Universitas Tanjungpura, Program Studi Pembangunan Sosial Pontianak merupakan bagian dari fakultas ilmu sosial dan politik. Tujuan dari tesis ini adalah untuk menyajikan rangkuman tentang pola asuh yang digunakan guru untuk mendukung pengembangan diri anak di sekolah, serta tanggapan mereka terhadap siswa berkebutuhan khusus dan strategi pengajaran yang mereka sukai.. Gaya pengasuhan otoriter, demokratis, otoritatif, lalai, dan tunduk semuanya termasuk dalam studi deskriptif kualitatif tentang pola asuh ini (Grant & Ray, 2010). Berdasarkan temuan penelitian ini, guru menawarkan beberapa filosofi parenting kepada setiap siswa sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ketika seorang guru memberikan pengetahuan, ABK tidak dapat menerimanya secara terus menerus terlepas dari bakat siswa tersebut. Ada beberapa anak yang tidak bisa menerima pembelajaran, namun guru memberikan pendidikan bina diri, seperti pergi ke wc sendiri, menggunakan baju dan mandi.

References

Jurnal:

Aziz, R. (2011). Pengalaman spiritual dan kebahagiaan pada guru Agama Sekolah Dasar. Jurnal Proyeksi, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.30659/p.6.2.1-11

Darmawanti, Ira dan M. Jannah. 2004. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Reaksi Dini pada ABK. Surabaya: Insight Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: rineka cipta.

Dsusetyo. 2011. Kebijakan Pemerintah untuk Pendidikan bagi anak autistik. Dari https://pusatanakberkebutuhankhusus.wordpress.com. Diakses pada 21 September 2022.

Grant, K.B., & Ray, J.A. 2010. Home, school, and community collaboration. California: Sage.

Handayani, I.M. 2013. Interaksi sosial ABK di SDN 016/016 inklusi samarinda: studi kasus anak penyandang autisme ejournal sosiatri-sosoiologi.

Kriyantono, Rachmat. 2015. Public relation & crisis management: pendekatan critical public relation, etnografi kritis dan kualitatif Jakarta: perdana media group.

Munandar. A, S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit UI.

Sugiyono. 2009. Metode penelitan kuaitatif. bandung.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Zumantara, Arief. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Anak Tunagrahita Ringan Mencuci Tangan Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bagian C Dharma Asih Pontianak.

Buku:

Atmaka, Dri. 2004. Tips Menjadi Guru Kreatif. Bandung. Yrama Widya.

Suparno. 2007. Pendidikan ABK, (Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 2007), hal. 97

Additional Files

Published

2023-07-13 — Updated on 2023-07-13

Versions

How to Cite

Amalia, I., Hasanah, Purnama, D. T., Achyar, S., & Nurwijayanto. (2023). Pola Asuh Guru Terhadap Anak Bekebutuhan Khusus Dalam Mendukung Pengembangan Diri Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kecematan Pontianak Tenggara. Jurnal Masyarakat Maritim, 7(1), 34–48. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jmm/article/view/5837