Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Prasekolah di Perumahan Citra Pelita 5 Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur
DOI:
https://doi.org/10.31629/jga.v3i1.7623Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Anak Usia PrasekolahAbstract
Dalam perkembangan pola pikir anak keluarga merupakan tempat dan sekaligus lingkungan yang pertama bagi anak. Sehingga orang tua harus benar-benar bisa menjadi orang tua yang bisa menjalankan perannya masing-masing yaitu ayah dan ibu yang bisa memberikan pola asuh yang baik dan tepat untuk anaknya. Metode yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini dengan cara metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan penelitian di lokasi Perumahan Citra Pelita 5 Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur. Berdasarkan hasil keterangan yang di dapati oleh peneliti setelah melakukan peneltian kepada informan yaitu orang tua yang terdiri dari ayah dan ibu bekerja yang memiliki anak yang masih berusia Prasekolah di Perumahan Citra Pelita 5 Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur. Seperti yang dilakukan oleh 2 pasang orang tua yang terdiri dari ayah dan ibu bekerja di Perumahan Citra Pelita 5 Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur. Bahwa meskipun mereka bekerja dan anaknya di titipkan kepada pengasuhnya orang tua ayah dan ibu ini tetap berprinsip memberikan pola asuh secara otoriter dengan alasan agar anak mereka menjadi lebih mandiri, tanggung jawab, disiplin, anak menjadi patuh dan takut untuk melakukan hal atau tindakan yang tidak diinginkan tuanya yang bersifat tidak baik untuk anaknya menurut kedua orang tuanya.
Downloads
References
Adriyanti, N. E. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan tugas perkembangan anak usia prasekolah (3–6 tahun) di Paud Kenanga Indramayu (Skripsi). Universitas Bhakti Kencana, Bandung.
Agency, A. T. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Daar, F. G., Fransiska, D. Y., & Badar, A. N. (2021). Hubungan pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di Paud Santa Juliana Golo Bilas. Jurnal Wawasan Kesehatan, 6(1), 1–8.
Denita, R. (2017). Hubungan tipe pekerjaan ibu dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di Desa Karang Duwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen (Skripsi). Universitas Diponegoro, Semarang.
Dewi, R. C., Oktiawati, A., & Saputri, L. D. (2015). Teori & konsep tumbuh kembang bayi, toddler, anak dan usia remaja. Yogyakarta: Huha Medika.
Djamarah, S. B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fadhilah, N. (2022). Pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak usia prasekolah (Skripsi). Universitas Dr. Soebandi, Jember.
Firdaus, A. K. (2015). Implementasi pola pengasuhan anak berbasis keluarga di Save Our Soul (SOS) Children Villages Desa Taruna (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitria, N. (2016). Pola asuh orang tua dalam mendidik anak usia prasekolah ditinjau dari aspek budaya Lampung. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 101–110.
Herabudin. (2015). Pengantar sosiologi. Bandung: Pustaka Setia.
Hurlock, E. (2013). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.
Joice, S., Sudi, A. D., & Titin, P. (2021). Pengaruh pola asuh otoriter, autoritatif, permisif orang tua terhadap perilaku prososial siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(1), 53–60.
Kulsum, U., & Jauhar, M. (2014). Pengantar psikologi sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mangonto, I. Y. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal pada anak prasekolah di TK GMIM Efrata Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken Kota Manado (Skripsi). Universitas Katolik De La Salle, Manado.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan anak usia prasekolah: Literature review. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 115–122.
Muscari, H. (2014). Perkembangan anak prasekolah. Jakarta: Salemba Medika.
Nisa, I. D. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku sosial emosional anak usia dini (Skripsi). Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Novi, B. (2015). Cara-cara mengasuh anak yang sering diabaikan orang tua. Yogyakarta: Flash Books.
Purnamasari, E. S., & Parmanti. (2015). Peran ayah dalam pengasuhan anak. Jurnal InSight, 17(2), 1–9.
Ratnasari, F., Sari, S. R., & Monika, C. (2021). Kajian literatur: Peran orang tua yang bekerja dengan perkembangan sosial usia prasekolah. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(1), 35–42.
Ritzer, G. (2014). Teori sosiologi modern (Edisi ke-7). Jakarta: Kencana.
Ritzer, G. (2017). Teori sosiologi: Dari teori klasik sampai perkembangan mutakhir sosiologi postmodern. Bantul: Kreasi Wacana.
S, M. (2014). Psikologi perkembangan anak. Yogyakarta: C-Klik Media.
Santrock, J. W. (2014). Perkembangan anak (Jilid ke-2, edisi ke-11). Jakarta: Erlangga.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Soetjiningsih, & Ranuh, G. (2017). Tumbuh kembang anak. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Sugiyono. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarmuji. (2014). Tipe-tipe pola asuh orang tua. Jakarta: Toha Putra.
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuniarti, S. (2015). Asuhan tumbuh kembang neonatus-balita dan anak prasekolah. Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emilia Ningsih, Alfi Husni, Desmayeti Arfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.