Peran Guru dalam Penanggulangan Juvenile Delinquency di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ferdi Hidayat Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Pratiwi Reka Saputri Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nesa Tria Anendri Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ayu Effritadewi Universitas Maritim Raja Ali Haji

Keywords:

Peran guru terhadap kenakalan remaja

Abstract

Guru merupakan pendidik dan pengajar pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, serta pendidikan menengah dalam jalur pendidikan formal. Oleh karena itu, guru harus memiliki kualifikasi formal sesuai ketentuan yang berlaku. Saat ini, kenakalan remaja menjadi salah satu masalah sosial yang semakin marak terjadi. Kenakalan remaja merupakan gejala patologis sosial akibat pengabaian sosial yang berujung pada perilaku menyimpang. Remaja sejatinya adalah aset masa depan bangsa, sehingga perlu mendapat perhatian serius, khususnya dalam lingkungan sekolah. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter positif peserta didik, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran guru dalam mencegah kenakalan remaja, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dan yuridis empiris. Pendekatan yuridis normatif dilakukan untuk mengkaji kenakalan remaja dari aspek hukum sebagai suatu bentuk tindak kejahatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peranan penting dalam mengatasi kenakalan siswa selama proses pembelajaran. Dalam hal ini, guru dapat menerapkan strategi manajemen kelas yang mencakup intervensi minor dan moderat, serta strategi penanganan disiplin terhadap gangguan ringan, gangguan berat, dan perilaku agresif. Selain itu, guru juga berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat berjalan dengan tenang dan efektif, sehingga kenakalan remaja dapat diminimalisir.

 

References

Abror, A. (2015). Peran Guru Agama Islam Dalam Pencegahan Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di SMPN 01 Margoyoso Pati) Tahun 2015. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Dafit, F. A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Sdn 83 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Disperkimta, A. (2018, April 16). Kenakalan Remaja Jaman Sekarang. Retrieved November 10, 2023, from Dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan : https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kenakalan-remaja-jaman-sekarang-49

Gultom, J. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru. Jurnal Kateketik dan Pastoral.

Handayani, H. L. (2020). Perilaku negatif siswa: bentuk, faktor penyebab, dan solusi guru dalam mengatasinya. Elementary School Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Huda, S. (2012). Upaya guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di smp terpadu turen malang. Malang: universitas islam negeri maulana malik ibrahim .

Husnah, A. H. (2019). Peran Guru PPKn Dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja Di SMP Negeri 5 Pallanga Kab. Gowa. Makassar: Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kusuma, P. T. (2022, Desember 27). Kenakalan Remaja: Pengertian dan Contoh, Yuk Sama-sama Mencegahnya. Retrieved Desember 10 November 2023, 2022, from detik.com: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6482270/kenakalan-remaja-pengertian-dan-contoh-yuk-sama-sama-mencegahnya

Lestari, Y. E. (2015). Upaya Mencegah Kenakalan Siswa Di SMAN 5 Yogyakarta (Analisis Sekolah Berbasis Afeksi). Yogyakarta: Skripsi, FTK UIN Sunan Kalijaga.

Maiiadewi. (2013, Juni 09). Peran Guru dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Retrieved November 11, 2023, from WordPress.com: https://maiiaeonniedu.wordpress.com/2013/06/09/peran-guru-dalam-menanggulangi-kenakalan-remaja/

Merdekawaty, A. (2018). Peran guru dalam menanggulangi kenakalan remaja. Jurnal kependidikan.

MUHARDI. (2016). Faktor penyebab perilaku menyimpang . 2016: universitas tanjungpura pontianak.

Mulyana, E. (2022). Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. ejournal.unesa.

Novitasari. (2013). Kenakalan Remaja. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nurul Hikmah, Y. B. (2022). Peranan guru dalam membina perilaku siswa bermasalah pada proses belajar mengajar sosiologi. jurnal.untan.

Putri, V. K. (2022, Oktober 20). Kenakalan Remaja: Pengertian dan Bentuknya. Retrieved November 10, 2023, from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/20/070000969/kenakalan-remaja--pengertian-dan-bentuknya

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama17.

Sumara, D. S. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4.

Suryani, L. (2021). PENYESUAIAN DIRI PADA MASA PUBERTAS. Konselor 2.

Wati, N. &. (2022). Upaya guru ppkn dalam mengatasi kenakalan siswa di dalam kelas melalui metode pembelajaran kooperatif pada sekolah menengah pertama negeri 5 bandar baru kabupaten pidie jaya. Jurnal Sains Riset (JSR).

Published

2023-11-29

How to Cite

Hidayat, F., Saputri, P. R., Anendri, N. T., & Effritadewi, A. (2023). Peran Guru dalam Penanggulangan Juvenile Delinquency di Sekolah Menengah Pertama. Regalia: Jurnal Riset Gender Dan Anak , 2(2), 1-7. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jga/article/view/5889

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.