PARTISIPASI LANSIA DALAM KEGIATAN POSYANDU ANGGREK DI KELURAHAN LUBUK SEMUT KABUPATEN KARIMUN

Authors

  • Shelly Rahmadani Putri Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Casiavera Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Meildia Stefanie Universitas Maritim Raja Ali Haji https://orcid.org/0000-0001-9916-7473
  • Rahma Hayati Harahap Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31629/jga.v1i2.5004

Keywords:

Posyandu, Lansia, Partisipasi

Abstract

Perhatian dari orang sekitar kepada penduduk lanjut usia sangat diperlukan agar penduduk lanjut usia menjadi berkuliatas dan produktif, sehingga dapat mensejahterakan diri. Indikator masyarakat sejahtera adalah terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar indvidu. Posyandu sebagai wadah pelayanan kepada lanjut usia yang menitikberatkan kepada pelayanan kesehatan, psikologi, rohani, pemenuhan gizi agar lanjut usia dapat memenuhi kebutuhannya dan menciptakan kesejateraan sosial yang memadai. Salah-satu posyandu lansia yang tujuannya untuk mensejahterakan lanjut usia adalah Posyandu Anggrek di Kelurahan Lubuk Semut, Kabupaten Karimun. Program yang dilakukan pada posyandu ini dalam mewujudkan kesejahteraan sosial lanjut usia seperti; pemeriksaan kesehatan, senam lansia, dan pemenuhan gizi lansia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil dua sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pernyataan informan melalui wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan data sekunder yang bersumber dari buku, dan jurnal yang terkait dengan judul penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terkait dengan peran Posyandu Anggrek terhadap kesejahteraan lansia di Kelurahan Lubuk Semut adalah adanya kegiatan rutin setiap satu bulan seperti pemeriksaan kesehatan dan senam lansia. Dari adanya kegiatan dari Posyandu Anggrek ini membawa pengaruh yang positif bagi lansia di Kelurahan Lubuk Semut, yang mewujudkan kesejahteraan lansia lebih baik dari sebelumnya. 

 

References

Ari, A. (2016). PENERAPAN TEORI AKTIVITAS LANSIA DI PANTI BUDHI DHARMA YOGYAKARTA. YOGYAKARTA: Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Fiori, d. (2006). Social Network Typologies and Mental Health Among Older Adults. 61 B, No. 1, P 25-32.

Lexy, J. M. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Nugroho, W. (2014). Keperawatan Gerontik dan Geriatrik: Edisi Ketiga. Jakarta: EGC.

Said, R. (2012). Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta: LP3ES.

Siti, K. N. (2016). Keperawatan Gerontik. Jakarta Selatan : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia .

Statistik, B. P. (2014). Statistik Jumlah Penduduk Lanjut Usia. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Sudjana. (2004). Pendidikan Non Formal. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kulitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suud, M. (2006). Orientasi Kesejateraan Sosial. Jakarta: Prestasi Pusaka Publisher .

Syamsuddin. (2016). Paradigma Metode Penelitian (Kualitatif dan Kuantitatif). Makassar: Shofia.

Yuli Kusmawati, Y. M. (2016). PENGEMBANGAN KEGIATAN POSYANDU LANSIA ANTHURIUM DI SURAKARTA. WARTA LPM VOL. 19 No. 2, September , 125-133.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Rahmadani Putri, S., Casiavera, Meildia Stefanie, & Rahma Hayati Harahap. (2022). PARTISIPASI LANSIA DALAM KEGIATAN POSYANDU ANGGREK DI KELURAHAN LUBUK SEMUT KABUPATEN KARIMUN. Regalia: Jurnal Riset Gender Dan Anak, 1(2), 19–31. https://doi.org/10.31629/jga.v1i2.5004