Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14 Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5659Kata Kunci:
pelatihan E-LKPD, E-LKPD interaktif, aplikasi LiveworksheetsAbstrak
Perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan bagi guru untuk dapat secara mandiri mengembangkan bahan ajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil observasi awal di SMP Negeri 14 Tanjungpinang masih menujukkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru terhadap teknologi pembelajaran digital yang dapat digunakan dalam pembuatan bahan ajar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan melatih keterampilan guru di SMP Negeri 14 Tanjungpinang dalam menghasilkan bahan ajar digital E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan, dengan menggunakan metode demonstrasi, praktik kerja, ceramah, dan tanya-jawab. Instrumen angket dengan skala likert digunakan untuk mengumpulkan data perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan. Data hasil angket selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang teknologi digital Liveworksheets; meningkatnya keterampilan guru dalam membuat E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheets. Hasil ini mengimplikasikan Liveworksheets merupakan salah satu teknologi digital yang cukup mudah digunakan oleh guru. Oleh karenanya, Liveworksheets dapat menjadi salah satu teknologi digital yang dapat digunakan oleh tim pengabdian lain yang bermaksud melaksanakan pelatihan berbagai jenis media pembelajaran bagi guru.
Unduhan
Referensi
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS berbasis saintifik berbantuan live worksheets untuk memahamkan konsep matematis pada aritmetika sosial. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933.
Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan guru smp dalam menggunakan liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407.
Astuti, P., Febrian, F., Fera, M., Antika, R., AnisaFitry, Z., Setiawan, A., Wulandari, C., Mardiah, R., Gani, M. A., & Yodiatmana, Y. (2022). Peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan mobile learning untuk pembelajaran matematika sekolah di masa pandemi. Jurnal Anugerah, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.3892
Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F., Farman, Hali, F., Rawal, M., Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Development of e-lkpd using live worksheets for online mathematics learning during covid-19. Jurnal of Mathematics Education, 5(1), 72–80.
Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of e-lkpd using live worksheets for online mathematics learning during covid-19. Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 36–42.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan lkpd interaktif di sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Hiasa, Wisman, W., & Rahayu, N. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning pada kelompok guru bahasa indonesia se-bengkulu tengah. Jurnal Anugerah, 4(2), 169–178. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4921
Gusteti, U., Martin, S. N., Indriani, N., Monalisa, S., Miftahurrisqi, U., & Permatasari, P. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi di masa pandemi increasing teachers competence in making information technology-based learning media in pandemic times. Panrita_Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 277–284.
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587
Hendriani, M., Marfilinda, R., & Apfani, S. (2022). Pelatihan pembuatan soal evaluasi pembelajaran berbasis digital di era disrupsi teknologi. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 247–255.
Indriani, S., Nuryadi, & Mahaeni, N. H. (2022). Respon peserta didik terhadap e-lkpd berbantuan liveworksheets sebagai bahan ajar segitiga dan segiempat. Journal of Teacher Education, 3(2), 315–323.
Latifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas lkpd elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di ypi bidayatul hidayah ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan e-lkpd interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas iv sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.
Rahmayanti, I., Qura, U., & Putra, G. K. (2004). Pelatihan aplikasi berbasis teknologi pada guru-guru di yayasan nurul hikmah al hakim. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i2.769
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas pelatihan membuat media pembelajaran interaktif dengan macro powerpoint bagi guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107
Suarsana, I. M., Pujawan, I. G. N., & Suwena, K. R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajran interaktif live worksheets untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi covid-19 bagi guru-guru SMP Negeri 3 Tembuku. Proceeding Senadimas Undiksha, 902–909.
Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2012). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86
Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). Pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis multimedia bagi kelompok guru sekolah dasar di desa petunang kabupaten musi rawas. Jurnal Anugerah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.2173
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tafonao, T. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi e-book berbasis smartphone pada materi polinomial di kelas xi sma negeri 4 tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
Teresa, Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2022). Pengembangan elektonik lembar kerja peserta didik (e-lkpd) berbasis liveworksheet materi konsep mol pada siswa kelas x mipa man 3 pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 10(13–19).
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan e-lkpd interaktif hukum newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72–80.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Anugerah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.