Pembekalan Pra-OSN Menggunakan Soal-Soal Problem Solving Berbasis Representasi Multimodus bagi Siswa SMP

  • Metta Liana Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dios Sarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dina Fitriyah Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: problem solving, osn, representasi multimodus

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa di wilayah Indonesia adalah melalui OSN.Dalam kenyataanya peraih medali OSN rata-rata di dominasi oleh siswadari pulau Jawa. Perolehan medali OSN yang tidak merata mengindikasikan kurang optimalnya persiapan siswa dari daerah lain. Permasalahan yang sama juga ditemui di sekolah menengah di Tanjungpinang. Pihak sekolah masih menitikberatkan materi pada tingkat hafalan saja dan tidak menampilkan keterampilan abad 21 dalam prosespembelajaran. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk mempersiapkan siswa SMP N 4 di Tanjungpinang yang akan mengikuti OSN tahun 2020 dengan pembelajaran yang menggunakan soal-soal problem solving berbasis representasi multimodus terkhusus materi IPA (fisika). Hasil kegiatan PkM ini adalah: (1) Adanya pemahaman konsep IPA (fisika) yang lebih tinggi dengan menggunakan soal-soal problem solving berbasis representasi multimodus bagi siswa. (2) Adanya motivasi yang tinggi dari siswa untuk belajar mandiri dalam mempersiapkan OSN 2020 dan motivasi untuk menaklukan materi IPA (fisika) lainnya. (3)  Adanya permintaan dari sekolah agar pembekalan Pra-OSN bisa berkelanjutan dan siswa yang diikutkan bisa lebih banyak.

References

Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan olimpiade sains melalui pemberdayaan klub matematika dan IPA bagi siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 350–358. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5667

BNSP. (2010). Pengembangan paradigma pendidikan nasional abad 21. Retrieved from http://www.bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2012/04/Laporan-BSNP-2010.pdf

BPK. (2010). Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010

Ekmekci, A., & Sahin, A. (2018). High school students ’ semantic networks of scientific method in an international science olympiad context. EURASIA Journal of mathematics, science, and technology education, 14(10).

Irwandani. (2014). Multi representasi sebagai alternatif pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 3(1), 1–10.

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020106

Kemdikbud. (2019). Petunjuk pelaksanaan OSN SMP 2019. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/11132/1/Juklak_OSN_2019.pdf

Maries, A., & Singh, C. (2013). Exploring one aspect of pedagogical content knowledge of teaching assistants using the test of understanding graphs in kinematics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020120

Marlina, R., Puspaningrum, H., & Hamdani. (2017). Differentiation of test items between the high school biology olimpiad in North Kayong and the national science olimpiad. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 245–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10679

Muliani, F., Noviati, D., & Fajriani. (2018). Pembinaan peningkatan mutu pendidikan bidang olimpiade sains bagi guru SD kota Langsa Provinsi Aceh. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(2), 9–13.

Nguyen, D. H., Gire, E., & Rebello, N. S. (2010). Facilitating students’ problem solving across multiple representations in introductory mechanics. Proceedings of AIP Conference 1289 (pp. 45–48). https://doi.org/10.1063/1.3515244

Prain, V., & Waldrip, B. (2006). An exploratory study of teachers’ and students’ use of multi-modal representations of concepts in primary science. International Journal of Science Education, 28(15), 1843–1866. https://doi.org/10.1080/09500690600718294

Rachmawati, D. O. (2014). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) fisika SMP di Kecamatan Mengwi. Proceedings of Seminar NAsional MIPA (pp. 231–238).

Steegh, A. M., Höffler, T. N., Keller, M. M., & Parchmann, I. (2019). Gender differences in mathematics and science competitions: A systematic review. Journal of Research in Science Teaching, 56(10), 1431–1460. https://doi.org/10.1002/tea.21580

Van Heuvelen, A., & Zou, X. (2001). Multiple representations of work–energy processes. American Journal of Physics, 69(2), 184–194. https://doi.org/10.1119/1.1286662

Wiyoko, T., & Avana, N. (2019).Ppeningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan olimpiade. Warta LPM: Media Informasi dan Komunikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 22(2), 67–75.

Published
2019-12-30