Pelatihan Penerapan Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran Biologi bagi MGMP Biologi Kota Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881Kata Kunci:
STEAM, pembelajaran biologi, MGMP biologi, profesionalisme guruAbstrak
STEAM merupakan suatu pendekatan modern yang mampu menghasilkan pembelajaran yang menarik dan memberikan kerangka untuk penerapan konsep sains dalam memecahkan masalah sehari-hari dengan sistematika dan seni yang sesuai. Pendekatan STEAM dianjurkan untuk diterapkan di sekolah sebagai penyempurna dari pendekatan STEM yang sudah ada sebelumnya. Namun, dinamika dan perubahan pendekatan pembelajaran ini dirasakan sangat memberatkan bagi guru. Mitra pengabdian di MGMP Biologi Kota Tanjungpinang mengeluhkan cepatnya pergantian strategi pembelajaran yang dianut. Anggota MGMP belum tuntas berkenalan dengan pendekatan STEM, saat ini sudah muncul lagi pembaharuannya dalam bentuk pendekatan STEAM. Kesulitan yang dialami mitra ini membuat mereka tidak mampu untuk menerapkan pendekatan STEAM dalam pembelajaran biologi. Berdasarkan permintaan MGMP Biologi Kota Tanjungpinang, maka kami merumuskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut. Bentuk pengabdian yang dilakukan berupa kegitan pelatihan dan pendampingan penerapan pendekatan STEAM bagi MGMP Biologi Kota Tanjungpinang. Kegiatan PKM ini dilakukan melalui rangkaian pelatihan tatap muka dengan guru-guru, dilanjutkan dengan penerapan dan uji coba pembelajaran dari hasil pelatihan yang sudah dilakukan. Pada bagian akhir dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan program pengabdian dan respons peserta.
Unduhan
Referensi
Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pelatihan pembelajaran tematik sains menggunakan inquiry learning process dan science activity based daily life. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1844
Henriksen, D. Creating STEAM with design thinking: beyond STEM and arts integration. (2017). STEAM, 3(1). https://doi.org/10.5642/steam.20170301.11
Komala, K., & Rohmalina, R. (2021). Kompetensi guru PAUD dalam PJJ melalui pelatihan pendekatan STEAM pada masa covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.96
Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan pemahaman orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak dengan pendekatan steam melalui program home visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2).
Sartono, N., Suryanda, A., Ahmad, T. L. S., Zubaidah, Z., & Yulisnaeni, Y. (2020). Implemetasi STEAM dalam pembelajaran biologi: upaya pemberdayaan guru biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.32672/btm.v2i1.2099
Yuliari, N. K. R., Sumiyati, & Hanim, W. (2020). Studi literatur pendekatan pembelajaran STEAM menyongsong era society 5.0. Prosiding Seminar Dan Diskusi ….
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September.