Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur

Authors

  • Adam Fernando Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dios Sarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Azza Nuzullah Putri Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.2944

Keywords:

OBS Studio, broadcasting, video pembelajaran

Abstract

Berbagai permasalahan yang dialami oleh guru dalam mengembangkan media pembelajaran, khususnya pada masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang perlu diselesaikan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan video pembelajaran. Namun masih banyak guru yang terkendala dalam melakukan pembuatan video pembelajaran terutama dalam penguasaan pengoperasian komputer. Oleh karena itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan Biologi UMRAH mengadakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio. Kegiatan ini diikuti oleh guru SMAN 1 Bintan Timur yang mengampu berbagai mata pelajaran. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian pre-test kemudian pemberian materi pelatihan serta praktik pembuatan video pembelajaran. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan pemberian post-test dan angket responss kepada guru. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam pembuatan video pembelajaran mengenai teknik pembuatan video pembelajaran, aplikasi yang digunakan untuk membuat video pembelajaran, pentingnya kemampuan membuat video pembelajaran bagi guru, serta pengetahuan mengenai OBS Studio. Melalui tugas pembuatan video dapat dilihat bahwa guru telah bisa membuat video pembelajaran sederhana dengan memanfaatkan fitur-fitur pada OBS Studio. Responss peserta juga menunjukkan adanya kepuasan terhadap pelaksanaan serta pelaksana kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., Putu, N., & Ratna, S. (2020). Efektivitas pelatihan pembuatan flipped classroom video dengan smartphone dan aplikasi kinemaster (Program PkM). Proceeding Senadimas Undiksha, 1758–1765.

Backåberg, S., Brunt, D., Rask, M., & Gummesson, C. (2019). Experiences of using a video-based learning model during a long-term process of movement awareness and learning–a hermeneutical study. European Journal of Physiotherapy, 0(0), 1–7. doi:10.1080/21679169.2019.1635639

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi kinemaster dan screencast o matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 100–105. doi:10.26877/e-dimas.v12i1.7204

Elvi, M., Liana, M., Sarkity, D., & Fitriyah, D. (2020). Pelatihan OSN matematika melalui soal berbasis critical thinking skill bagi siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 649–654. doi:10.31849/dinamisia.v4i4.4160

Espinoza, C., Orvis, K. S., & Brophy, S. P. (2020). Learning the electron transport chain process in photosynthesis using video and serious game. Journal of Biological Education, 00(00), 1–21. doi:10.1080/00219266.2020.1808511

Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan penyelesaian soal-soal olimpiade sains bagi siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77–81. doi:10.31629/anugerah.v1i2.1826

Hoxley, M., & Rowsell, R. (2006). Using video in the construction technology classroom: Encouraging active learning. Architectural Engineering and Design Management, 2(1–2), 115–122. doi:10.1080/17452007.2006.9684609

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. doi:10.17509/jmee.v1i1.3731

Kellems, R. O., & Edwards, S. (2016). Using video modeling and video prompting to teach core academic content to students with learning disabilities. Preventing School Failure, 60(3), 207–214. doi:10.1080/1045988X.2015.1067875

Kemendikbud. (2020). Pedoman pelaksanaan belajar dari rumah selama darurat bencana covid-19 di Indonesia. Kementerian Pendidkan Dan Kebudayaan, 15. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/5b9eda821425005

Liana, M., Sarkity, D., Elvi, M., & Fitriyah, D. (2019). Pembekalan Pra-OSN menggunakan soal-soal problem solving berbasis representasi multimodus bagi siswa SMP. Jurnal Anugerah, 1(2), 59–69. doi:10.31629/anugerah.v1i2.1784

Mitra, B., Lewin-Jones, J., Barrett, H., & Williamson, S. (2010). The use of video to enable deep learning. Research in Post-Compulsory Education, 15(4), 405–414. doi:10.1080/13596748.2010.526802

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203. doi:10.31764/jpmb.v3i2.1512

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54.

Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjanegara. 7(2020), 297–302.

Rustiyana. (2020). OBS studio sebagai aplikasi pembuatan video pembelajaran. Retrieved from http://disdikkbb.org/news/obs-studio-sebagai-aplikasi-pembuatan-video-pembelajaran/#:~:text=Keunggulan OBS adalah%3A,capture card dan lain lain.

Sarkity, D., Elvi, M., Liana, M., & Fitriyah, D. (2020). Pembinaan olimpiade sains nasional bidang matematika topik statistika dan peluang pada siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(1), 27–36. doi:10.31629/anugerah.v2i1.1977

Sherer, P., & Shea, T. (2011). Using online video to support student learning and engagement. College Teaching, 59(2), 56–59. doi:10.1080/87567555.2010.511313

Simanjuntak, E. Y. B., Silitonga, E., & Aryani, N. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(3), 119–124.

Solé-Llussà, A., Aguilar, D., & Ibáñez, M. (2019). Video worked examples to promote elementary students’ science process skills: a fruit decomposition inquiry activity. Journal of Biological Education, 00(00), 1–12. doi:10.1080/00219266.2019.1699149

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di SD Dalam Masa Covid-19. 1(1), 1–14. doi:10.46229/elia.v1i1

Tim Detikcom. (2020). Kapan sebenarnya corona pertama kali masuk RI? Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri/3

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional pada masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Wicaksono, A. B., Chasanah, A. N., & Franita, Y. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe bagi guru Mts di Kota Malang. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Fernando, A., Sarkity, D., & Putri, A. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur. Jurnal Anugerah, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.2944

Most read articles by the same author(s)