Upaya Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Siswa Dalam Program Kampus STAIDA Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i1.7107Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Pendidikan DasarAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar, yang menjadi perhatian dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional. Bertempat di SD Negeri 5 Tugumulyo, kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif "Kampus STAIDA Mengajar" yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa sebagai agen pembelajaran di sekolah-sekolah mitra. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung serta membantu sekolah dalam adaptasi teknologi pembelajaran dan administrasi. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif yang meliputi sosialisasi, observasi, perencanaan program, pelaksanaan pengajaran langsung, serta evaluasi bersama pihak sekolah. Kegiatan yang dilakukan mencakup bimbingan literasi dan numerasi secara intensif, penyusunan media pembelajaran interaktif, pelatihan penggunaan teknologi untuk guru dan siswa, serta pendampingan dalam manajemen administrasi sekolah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dasar siswa, terutama pada siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan membaca dan berhitung, serta peningkatan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Program ini juga memberikan dampak positif terhadap kemampuan sosial dan kepemimpinan mahasiswa, serta mempererat hubungan antara institusi pendidikan tinggi dan sekolah mitra. Kesimpulannya, program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa serta memberikan kontribusi nyata terhadap kualitas pendidikan dasar. Keberlanjutan program diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi sekolah dan komunitas sekitar.
Downloads
References
Anisa, R., & Putra, A. (2021). Penerapan media berbasis konteks lokal dalam penguatan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 89–102.
Bella, N. I., Nurdiansyah, E., & Marda, A. B. (2022). Implementasi program Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi di masa pandemi Covid-19 di SD Islam Khairu Ummah Makassar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 245–257. https://doi.org/10.36312/linov.v7i2.713
Daroin, A. D., Vanessa, O., Santoso, K., Mei, D., Pranidia, A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38–49. http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Panduan pelaksanaan Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN 1 Kedungkumpul, Sukorame, Kabupaten Lamongan. Communnity Development Journal, 3(2), 876–883. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4879
Fitriani, H., & Suryana, D. (2021). Strategi pembelajaran numerasi berbasis masalah di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 319–329.
Hamsiani, H., & Ramli, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita di TK Miftahul Khair. Jurnal Panrita, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.35906/panrita.v1i1.135
Handayani, L., & Safitri, N. (2021). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran membaca permulaan. Jurnal Edukasi Dasar, 5(1), 34–42.
Hasanah, N., & Sari, A. I. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis gambar dalam meningkatkan literasi awal siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(3), 167–176.
Indrawati, S., & Nugroho, R. (2020). Pendekatan partisipatif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 150–159.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Modul literasi numerasi di sekolah dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf
Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan program Kampus Mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 194–204. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1700
Kurniawati, D., & Syah, R. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam peningkatan karakter dan kompetensi mahasiswa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 10(3), 200–208.
Maula, R. (2022). Kampus Mengajar: Pengabdian dan harapan. CV Karya Jaya Sentosa. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/Digital_KampusMengajar.pdf
Nasution, S. (2019). Didaktik Asas Mengajar. Bumi Aksara.
Nuryani, S. (2022). Kolaborasi mahasiswa dan guru dalam program Kampus Mengajar: Sebuah studi kasus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(1), 88–96.
Prasetyo, A., & Sari, M. (2022). Pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 8(1), 47–56.
Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN Sepatan III Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas Patikala, 1(4), 316–324. https://doi.org/10.51574/patikala.v1i4.453
Rachman, B. A. R., Firyalita, S. F., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (edisi ke-2). Alfabeta.
Sujarwo. (2013). Pendidikan di Indonesia memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 662. https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528
Wahyuni, S., & Yuliana, N. (2022). Implementasi media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 55–64.
Widodo, S. T. (2022). Manajemen sekolah dasar berbasis digital dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(1), 12–23.
Yusuf, M., & Hidayat, R. (2021). Penggunaan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan literasi digital siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 144–156.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ani Maghfiroh, Siti Qomariyah, Nur Mahmudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.