Mewujudkan Pendidikan yang Efektif dengan Pendekatan Kontekstual di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i1.7056Keywords:
Pendidikan Kontekstual, Efektivitas, KurikulumAbstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa tidak hanya cakap secara akademik, tetapi juga memiliki keterampilan hidup (life skills) untuk menghadapi tantangan zaman. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman guru terhadap pendekatan pendidikan kontekstual yang relevan dalam menumbuhkan life skills siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pedagogis guru SD dan SMP dalam merancang dan menerapkan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) yang bermakna dan aplikatif. Metode yang digunakan adalah kajian literatur edukatif disertai dengan pelatihan dan pendampingan berbasis partisipatif. Kegiatan dilakukan melalui seminar, workshop interaktif, penyusunan modul, serta forum praktik baik antarguru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan prinsip CTL dan indikator life skills ke dalam proses pembelajaran. Produk yang dihasilkan berupa modul pelatihan, template RPP, dan forum daring kolaboratif antarpendidik. Guru-guru peserta pelatihan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lebih aplikatif dan relevan. Mereka juga menunjukkan pemahaman lebih dalam mengenai pentingnya pengembangan keterampilan hidup dalam pembelajaran. Produk edukatif yang dihasilkan, seperti modul pelatihan, template RPP berbasis CTL, dan forum praktik baik guru, menjadi sarana penting dalam mendukung keberlanjutan implementasi pembelajaran kontekstual di sekolah. Forum ini juga memperkuat komunitas pembelajar profesional yang aktif berbagi pengalaman dan inovasi. Evaluasi kualitatif melalui refleksi peserta dan diskusi menunjukkan bahwa guru mulai menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dan menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap pentingnya keterkaitan materi dengan kehidupan nyata siswa.
Downloads
References
Arfian, W. (2024). Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Critical Thinking dalam Pembelajaran Materi Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 9(1), 55–74. https://doi.org/10.22515/ATTARBAWI.V9I1.8416
Bittarelli, A., & Rossi, P. G. (2010). Best practices in University e-learning centre. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 21–25. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.109
Efendi, R., Jama, J., & Yulastri, A. (2019). Development of Competency Based Learning Model in Learning Computer Networks. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012109
Hull, D. M. (1993). Opening Minds, Opening Doors: The Rebirth of American Education. Center for Occupational Research and Development, P.O. Box 21206, Waco, TX 76702-1206.
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Choirudin, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.61650/JPTK.V1I1.155
Merawan, C. T., Hajidin, & Duskri, M. (2021). Self-regulated learning through Contextual Teaching and Learning (CTL) approach. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 012087. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012087
Newmann, F. M., Marks, H. M., & Gamoran, A. (1996). Authentic pedagogy and student performance. American Journal of Education, 104(4), 280–312. https://doi.org/10.1086/444136
Nik Ahmad, N. S. H., Wan, T. R., & Jiang, P. (2010). Learning health through Virtual World: Comparative between UK and Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 11–20. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.108
Nurmadiah, N., Tolla, I., & Jabu, B. (2022). Design of Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Improve Student’s Life Skills: The Development Phase in Research and Development. Asian Journal of Applied Sciences, 10(1), 2321–0893. https://doi.org/10.24203/AJAS.V10I1.6848
Pellegrino, J. W., Bransford, J. D., & Donovan, M. S. (1999). How People Learn: Bridging Research and Practice. National Academies Press.
Prasanna Sanjay, B., Kumara Swamy, N., & Ravindra Yashas, S. (2020). Contextual teaching and learning (CTL) as a strategy to improve students mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 012043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012043
Priyatni, E. T. (2013). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 17(1).
Rahman, A. A., Zulkifli, Z., Kamaruddin, I., Azhari, D. S., & Supriyadi, A. (2023). The Effect of Contextual Teaching Learning (CTL) Model on Students’ Achievement in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 146-157.
Rasheed, A. A., Albattat, A., & Azam, S. M. F. (2024). Contextual factors and virtual professional learning communities in Maldivian schools. International Journal of Educational Management, 38(2), 486–508. https://doi.org/10.1108/IJEM-12-2022-0492
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Suminar, T., Raharjo, T. J., Muarifuddin, M., Pangestika, N. A. D., & Pamungkas, D. S. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Life Skills Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Journal of Community Empowerment, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V4I1.975
Suryawati, E., Osman, K., & Meerah, T. S. M. (2010). The effectiveness of RANGKA contextual teaching and learning on students’ problem solving skills and scientific attitude. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1717–1721. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2010.12.389
Syaifuddin, T., & Nurlaela, L. (2021). Contextual teaching and learning (CTL) model to students improve learning outcome at senior high school of model terpadu Bojonegoro. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528-535.
Thamrin, L., Gustian, U., Suhardi, Zhongfulin, W., & Suryadi, D. (2024). The Implementation of Contextual Learning Strategies to Stimulate Students’ Critical Thinking Skills. Retos, 53, 52–57. https://doi.org/10.47197/RETOS.V53.102501
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times (Wiley Desktop Editi…). John Wiley & Sons.
Trust, T., Carpenter, J. P., & Krutka, D. G. (2017). Moving beyond silos: professional learning networks in higher education. Internet and Higher Education, 35, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.06.001
Utomo, S. B., Istiqo, I. T., Yuhana, M., Saputra, B., Muanas, G. H., & Lailatus, S. (2024). Edukasi Ecoprint Siswa Sekolah Dasar memanfaatkan Bahan Alami dalam upaya meningkatkan Keterampilan Sejak Dini. Khidmat: Journal of Community Service, 1(3), 115–126. https://doi.org/10.31629/KHIDMAT.V1I3.7032
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maharani Lintang Corneasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.