Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan)
DOI:
https://doi.org/10.31629/jmm.v1i1.1658Keywords:
Peran Orang Tua, PendidikanAbstract
Untuk melihat masalah ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode studi kasus. Informan penelitian adalah penduduk asli Desa Mantang. Dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan purposive sampling yaitu menetapkan informan berdasarkan kriteria penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam (deep interview) dan observasi langsung (participant as observer). Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan membuat penjelasan yang nantinya bisa memberikan suatu penjelasan yang konkrit dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Di Desa Mantang merupakan desa yang masih tradisional dalam segi budaya sebagaimana diketahui bahwa tugas utama orangtua adalah mengurus anak seperti dari segi pendidikan. Seorang ibu dan ayah mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan anak, agar anak menjadi pintar, selalu berprestasi disegala bidang baik dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Menanamkan nilai tentang pentingnya pendidikan, pendidikan merupakan hal yang penting, baik itu pendidikan formal, informal maupun pendidikan non formal dan nilai tersebut telah diajarkan sejak anak masih di usia dini, sehingga sampai anak menginjak usia remaja. Nilai yang dilakukan oleh orangtua yang bekerja yaitu berupa nilai yang ideal khususnya tentang nilai agama karena orang tua menginginkan anak mereka bisa kedepannya menerapkan prilaku terpuji seperti mempunyai akhlak yang mulia, mempunyai sopan santun, saling harga mengahargai, tolong menolong, sedangkan untuk nilai aktual dari nilai ideal yang diajarkan berpengaruh kepada prilaku anak anak walaupun orang tua disibukkan dengan pekerjaan anak anak mampu mendapatkan prestasi di sekolah.
References
Ahmadi. Abu, 2007.Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta : Jakarta
Ary. H. Gunawan, 2010. Sosiologi Pendidikan, Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan, RinekaCipta : Jakarta
Amrullah, M, 2012.Pengaruh Ibu Bekerja Terhadap Pendidikan Anak, Pada MPA karang rejotulung agung.
Dewi Wulansari, 2009. Sosiologi: Konsep dan Teori Bandung: PT. Rafika Aditama.
Hurlock, Elizabeth, B. 2006.Psikologi Perkembangan, Erlangga : Jakarta
I Wayan Koyan, 2000. Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Depdiknas.
Khairuddin. H, 2008. Sosiologi Keluarga, Liberty : Yogyakarta
Martono. Nanang, 2012, Sosiologi Perubahan Sosial, Rajawali Pers: Jakarta
Narwoko. D. BagongSuyatno, 2007.Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Kencana : Jakarta
Nurhadi. M, 2009. Perubahan peran Ibu Rumah Tangga dan Pengaruhnya terhadap
Harmonisasi Rumah Tangga, Jurnal Sosiologi Pada Universitas Sebelas Maret
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D,Alfabeta: Bandung
Sunarto. Kamanto, 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi
Soekanto. S, 2004. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak.
Penerbit Rineka Cipta : Jakarta
------------, 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Rajawali Pers: Jakarta