Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan)

Authors

  • Arsyad Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Subhi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Hidayatun Saliha Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ulpa Sulitiyas Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jmm.v1i1.1658

Keywords:

Peran Orang Tua, Pendidikan

Abstract

Untuk melihat masalah ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode studi kasus. Informan penelitian adalah penduduk asli Desa Mantang. Dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan purposive sampling yaitu menetapkan informan berdasarkan kriteria penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam (deep interview) dan observasi langsung (participant as observer). Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan membuat penjelasan yang nantinya bisa memberikan suatu penjelasan yang konkrit dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Di Desa Mantang merupakan desa yang masih tradisional dalam segi budaya sebagaimana diketahui bahwa tugas utama orangtua adalah mengurus anak seperti dari segi pendidikan. Seorang ibu dan ayah mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan anak, agar anak menjadi pintar, selalu berprestasi disegala bidang baik dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Menanamkan nilai tentang pentingnya pendidikan, pendidikan merupakan hal yang penting, baik itu pendidikan formal, informal maupun pendidikan non formal dan nilai tersebut telah diajarkan sejak anak masih di usia dini, sehingga sampai anak menginjak usia remaja. Nilai yang dilakukan oleh orangtua yang bekerja yaitu berupa nilai yang ideal khususnya tentang nilai agama karena orang tua menginginkan anak mereka bisa kedepannya menerapkan prilaku terpuji seperti mempunyai akhlak yang mulia, mempunyai sopan santun, saling harga mengahargai, tolong menolong, sedangkan untuk nilai aktual dari nilai ideal yang diajarkan berpengaruh kepada prilaku anak anak walaupun orang tua disibukkan dengan pekerjaan anak anak mampu mendapatkan prestasi di sekolah.

References

Ahmadi. Abu, 2007.Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta : Jakarta

Ary. H. Gunawan, 2010. Sosiologi Pendidikan, Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan, RinekaCipta : Jakarta

Amrullah, M, 2012.Pengaruh Ibu Bekerja Terhadap Pendidikan Anak, Pada MPA karang rejotulung agung.

Dewi Wulansari, 2009. Sosiologi: Konsep dan Teori Bandung: PT. Rafika Aditama.

Hurlock, Elizabeth, B. 2006.Psikologi Perkembangan, Erlangga : Jakarta

I Wayan Koyan, 2000. Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Depdiknas.

Khairuddin. H, 2008. Sosiologi Keluarga, Liberty : Yogyakarta

Martono. Nanang, 2012, Sosiologi Perubahan Sosial, Rajawali Pers: Jakarta

Narwoko. D. BagongSuyatno, 2007.Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Kencana : Jakarta

Nurhadi. M, 2009. Perubahan peran Ibu Rumah Tangga dan Pengaruhnya terhadap

Harmonisasi Rumah Tangga, Jurnal Sosiologi Pada Universitas Sebelas Maret

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D,Alfabeta: Bandung

Sunarto. Kamanto, 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi

Soekanto. S, 2004. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak.

Penerbit Rineka Cipta : Jakarta

------------, 2007. Sosiologi Suatu Pengantar, Rajawali Pers: Jakarta

Additional Files

Published

2019-11-25

How to Cite

Arsyad, Subhi, Saliha, H., & Sulitiyas, U. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan). Jurnal Masyarakat Maritim, 1(1), 7–17. https://doi.org/10.31629/jmm.v1i1.1658