REPRESENTASI ANIMASI NUSSA SEBAGAI MEDIA MOTIVASI TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS
DOI:
https://doi.org/10.31629/jga.v1i1.4418Keywords:
Representation, Nussa, Motivation, Child With DisabilitiesAbstract
Serial Kartun Nussa dan Rara merupakan kartun edukasi Indonesia berceritakan tentang bagaimana kehidupan sehari-hari yang dialami oleh dua saudara kandung bernama Nussa dan Rara. Animasi ini mengambil tema pembelajaran agama Islam yang dipadu dengan memberikan nilai positif pada setiap episodenya dengan judul yang berbeda-beda. Namun Karakter Nussa digambarkan sebagai penyandang disabilitas. Terlihat pada kaki kiri Nussa yang menggunakan kaki palsu (prostetik) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi disabilitas yang ditampilkan pada animasi nussa dan rara. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif. Adapun dari teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis, menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Representasi Struat Hall dan teori motivasi McClelland . Tokoh Nussa digambarkan sebagai penyandang disabilitas fisik tunadaksa (kelainan tubuh) dan direpresentasikan sebagai kaka yang baik untuk adiknya, seorang pemimpin untuk keluarganya, patut dijadikan panutan, pandai ilmu agama, dan dapat diandalkan. Animasi ini memiliki makna bahwa seorang penyandang disabilitas dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti manusia normal yang berhak memiliki sebuah mimpi dan ketidak sempurnaan tidak menjadi penghalang seseorang untuk dapat mewujudkannya.
Downloads
References
Insani, R. (2018, desember 04). mengapa Nussa diciptakan berkaki palsu? Retrieved from https://akhbar.bersamadakwah.net/2018/12/mengapa-nussa-diciptakan-berkaki-palsu.html
kolibri. (2019). Nussa Bisa: Representasi Anak dengan Disabilitas. Retrieved from Nussa Bisa: Representasi Anak dengan Disabilitas
Maudy, C. (2022, Maret 24). Mengikis Stigma terhadap Disabilitas di Media. Retrieved from https://www.remotivi.or.id/mediapedia/754/mengikis-stigma-terhadap-disabilitas-di-media
Nugroho, W. B. (2020). Sekilas “REPRESENTASI†Menurut Stuart Hall. Retrieved from https://www.sanglah-institute.org/2020/04/sekilas-representasi-menurut-stuart-hall.html
Ridho, m. (2020). TEORI MOTIVASI McCLELLAND DAN. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1-16.
Salim, I. (2021). Memantau pemenuhan hak disabilias. Jakarta: JPODI.
Hall, Stuart. 1997. Representation: Culutural Representation and Sygnifying Practices. London: Mass Communication & Society.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.