REPRESENTASI ANIMASI NUSSA SEBAGAI MEDIA MOTIVASI TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS

Authors

  • Amelia Indahni Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jga.v1i1.4418

Keywords:

Representation, Nussa, Motivation, Child With Disabilities

Abstract

Serial Kartun Nussa dan Rara merupakan kartun edukasi Indonesia berceritakan tentang bagaimana kehidupan sehari-hari yang dialami oleh dua saudara kandung bernama Nussa dan Rara. Animasi ini mengambil tema pembelajaran agama Islam yang dipadu dengan memberikan nilai positif pada setiap episodenya dengan judul yang berbeda-beda. Namun Karakter Nussa digambarkan sebagai penyandang disabilitas. Terlihat pada kaki kiri Nussa yang menggunakan kaki palsu (prostetik)  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi disabilitas yang ditampilkan pada animasi nussa dan rara. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif. Adapun dari teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis, menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Representasi Struat Hall dan teori motivasi McClelland . Tokoh Nussa digambarkan sebagai penyandang disabilitas fisik tunadaksa (kelainan tubuh) dan direpresentasikan sebagai kaka yang baik untuk adiknya, seorang pemimpin untuk keluarganya, patut dijadikan panutan, pandai ilmu agama, dan dapat diandalkan. Animasi ini memiliki makna bahwa seorang penyandang disabilitas dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti manusia normal yang berhak memiliki sebuah mimpi dan ketidak sempurnaan tidak menjadi penghalang seseorang untuk dapat mewujudkannya.

Author Biography

Amelia Indahni, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Sosiologi

References

Insani, R. (2018, desember 04). mengapa Nussa diciptakan berkaki palsu? Retrieved from https://akhbar.bersamadakwah.net/2018/12/mengapa-nussa-diciptakan-berkaki-palsu.html

kolibri. (2019). Nussa Bisa: Representasi Anak dengan Disabilitas. Retrieved from Nussa Bisa: Representasi Anak dengan Disabilitas

Maudy, C. (2022, Maret 24). Mengikis Stigma terhadap Disabilitas di Media. Retrieved from https://www.remotivi.or.id/mediapedia/754/mengikis-stigma-terhadap-disabilitas-di-media

Nugroho, W. B. (2020). Sekilas “REPRESENTASI†Menurut Stuart Hall. Retrieved from https://www.sanglah-institute.org/2020/04/sekilas-representasi-menurut-stuart-hall.html

Ridho, m. (2020). TEORI MOTIVASI McCLELLAND DAN. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1-16.

Salim, I. (2021). Memantau pemenuhan hak disabilias. Jakarta: JPODI.

Hall, Stuart. 1997. Representation: Culutural Representation and Sygnifying Practices. London: Mass Communication & Society.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Indahni, A. (2022). REPRESENTASI ANIMASI NUSSA SEBAGAI MEDIA MOTIVASI TERHADAP ANAK PENYANDANG DISABILITAS. Regalia: Jurnal Riset Gender Dan Anak, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.31629/jga.v1i1.4418