Hijaber Vapers di Kota Syariat: Identitas, Stigma, dan Simbol Sosial

Authors

  • Fadlan Barakah Universitas Syiah Kuala
  • Zacky Almunawar Universitas Syiah Kuala
  • Cut Lusi Chairun Nisak Universitas Syiah Kuala
  • Firdaus Mirza Nusuary Universitas Syiah Kuala
  • Dara Fatia Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.31629/jga.v3i2.7126

Keywords:

Hijab Vapers, Symbolic Interactionism, Banda Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi diri perempuan berhijab pengguna vape (hijaber vapers) di Kota Banda Aceh dalam konteks sosial yang sarat nilai religius dan norma patriarkal. Fenomena ini menarik karena memperlihatkan ketegangan simbolik antara citra religius yang melekat pada hijab dan gaya hidup modern yang diasosiasikan dengan penggunaan vape. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teori interaksi simbolik dari George Herbert Mead sebagai kerangka analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap perempuan berhijab berusia 18–25 tahun yang aktif menggunakan vape. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hijaber vapers memaknai vaping sebagai ekspresi kebebasan, pencitraan diri, dan bentuk resistensi simbolik terhadap ekspektasi sosial. Meskipun menghadapi stigma dan tekanan sosial, mereka menegosiasikan identitasnya melalui pemisahan makna antara religiusitas dan gaya hidup personal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa representasi diri hijaber vapers dibentuk dalam ruang tarik-menarik antara agensi individu dan kontrol sosial, sekaligus membuka ruang baru bagi redefinisi identitas perempuan dalam masyarakat religius.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Zacky Almunawar, Universitas Syiah Kuala

    Program Studi Sosiologi

  • Cut Lusi Chairun Nisak, Universitas Syiah Kuala

    Program Studi Sosiologi

  • Firdaus Mirza Nusuary, Universitas Syiah Kuala

    Program Studi Sosiologi

  • Dara Fatia, Universitas Syiah Kuala

    Program Studi Sosiologi

References

Blumer, H. (1969). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bramantyo, B. D., & Wulandari, C. (2020). Pemahaman Makna Hijab Vapers Dalam Menggunakan Vape. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publishing.

Halking, R., Murdiana, S., Nurdin, M. N. H. (2022). Representasi diri Perempuan Perokok. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 3(2).

Hastan, A. A., & Azeharie, S. S. (2019). Vaping Sebagai Bagian Dari Budaya Populer (Studi Gaya Hidup pada Perempuan Berhijab Pengguna Vape di Komunitas @hijabvapersindonesia). Koneksi, 2(2), 226. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3889

Martiany, D. (2016). Control the Number of Smokers to Protect Women’s Health. Badan Keahlian DPR RI, VIII(16), 9.

Martini, S. (2014). Makna Merokok pada Remaja Putri Perokok. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Qualitative data analysis. Sage Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. In PT. Remaja Rosda Karya.

Mutiara, P. (2021). Remaja Merokok Ancaman Bagi Masa Depan Bangsa. https://www.kemenkopmk.go.id/remaja-merokok-ancaman-bagi-masa-depan-bangsa

Norman K. Denzin, Y. S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research, Edisi Bahasa Indonesia. Pustaka Pelajar.

Putra., A. T. (2014). Konstruksi Sosial Kebiasaan Merokok di Kalangan Wanita Berjilbab. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_2337

Ridwan, P. R. (2023). Membongkar Karakteristik Vapers Indonesia dan Alasannya. https://goodstats.id/article/membongkar-karakteristik-vapers-indonesia-dan-alasannya-iy0q7

Ritzer, G. (2005). Teori sosiologi modern (6th ed.). Prenada Media.

Ritzer, G. (2021). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Rajawali Press.

Rohman, J. & Baidun, A. (2013). Pengaruh Representasi diri (Self Image) Dan Konformitas Terhadap Perilaku Compulsive Buying Pada Remaja. Journal of Psychology, 1(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. alfabeta.

Wirawan, I. B. (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: fakta sosial, definisi sosial, dan perilaku sosial. PRENAMEDIA GROUP.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Barakah, F., Almunawar, Z., Nisak, C. L. C., Nusuary, F. M., & Fatia, D. (2024). Hijaber Vapers di Kota Syariat: Identitas, Stigma, dan Simbol Sosial. Regalia: Jurnal Riset Gender Dan Anak , 3(2), 1-10. https://doi.org/10.31629/jga.v3i2.7126