Profil Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

  • Hera Deswita Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: basic teaching skill, micro teaching

Abstract

Salah satu modal menjadi guru yang profesional adalah menguasai keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas pasir pengaraian pada praktek micro teaching. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto yaitu mengungkapkan fakta yang terjadi tanpa ada manipulasi variabel atau menciptakan kondisi tertentu. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah micro teaching pada tahun akademik 2015/2016 sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Instrument penelitian adalah angket yang telah divalidasi oleh pakar yaitu dosen pengampu micro teaching. Analisis data menggunakan teknik deskriptif untuk menggambarkan tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa berdasarkan tabel kecenderungan dengan kriteria yang telah ditentukan. Melalui Penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membimbing diskusi berada pada kategori sangat terampil. Keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan dan keterampilan membuat variasi dalam pembelajaran berada pada kategori terampil. Keterampilan mengelola kelas berada pada kategori cukup terampil sedangkan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran termasuk ke dalam kriteria tidak terampil.

Kata Kunci: keterampilan dasar mengajar, micro teaching, ex post facto

One of basic skills to be a professional teacher is how to be a master in basic teaching skill. This research aimed to have valid information about basic teaching skill of Educational Mathematics Study Program at University of Pasir Pengaraian by practicing it in micro teaching subject. This is description quantitative research by using ex post facto method that revelaled the fact in the field without any manipulation of variable or making a good condition. The subject of this research is the student of Educational Mathematics Study Program who took a micro teaching subject in academic years 2015/2016 those were 23 sudents. The data were collected by documentation and observation. The instrument of research is questionnaire which was validated by expert of micro teachings. The data were analized by description technique that can describe level basic of teaching skill of the students that can be seen in willingness table that has been decided. The result of this research concluced that guiding discussion skill was at exellence category, the explaning skill, question skill, reinforcement skill and make the variation stimulus skill were all in good ability category. Classroom management skill was categorized low ability. The opening and closing class skills were catgeorized poor ability.

Keywords: basic teaching skill, micro teaching

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armis. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Presentasi.
Asril, Zainal. 2015. MicroTeaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar da Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang sosial. Yogyakarta: UGM Press Luzyawati, Lesy. 2015. “Profil Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru biologi”. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 20, Nomor 1, April 2015, hlm. 88-93.
Siswanto. 2010. “Tingkat peguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi. Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 41 – 51
Susantini, Endang dkk. 2014. Panduan Micro Teaching Untuk Dosen, Mahasiswa dan Crew. Surabaya: Unesa University Press.
Published
2017-03-30
How to Cite
Deswita, H. (2017). Profil Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Gantang, 2(1), 51-62. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.65