Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Widyastuti Akhmadan STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Keywords:

development research, Macromedia Flash, line, angle

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan menggunakan software Macromedia Flash dan Moodle yang valid dan praktis untuk mengajarkan materi garis dan sudut kepada siswa kelas VII SMP; (2) mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain bahan ajar; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; (3) field test. Pengumpulan data dilakukan dengan walk through dan dokumentasi nilai akhir siswa diperoleh dari nilai tugas dan nilai tes yaitu sebesar 79,56 nilai tersebut dikategorikan memiliki hasil belajar yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan software Macromedia Flash dan Moodle dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) dari rata-rata nilai akhir siswa sebesar 79,56 dengan kategori baik disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: development research, Macromedia Flash, Moodle, garis, sudut

This study is categorized as developmental research that aims at (1) producing a valid and practical teaching material in Mathematics subject which was developed by utilizing Macromedia Flash and Moodle and learnt by seventh graders of class VII of Junior High School; (2) examining its potential effect to learning outcome. The research method contains three phases which are: (1) self evaluation, that includes analyzing and designing material processes; (2) prototyping, includes evaluating and revising processes; (3) field test. Data collection was undertaken by walk through and documentation of students’ achievement obtained through task and posttest which was scored 79.56 and was categorized as good outcome as well. The conclusion drawn based on this study were (1) teaching material developed by utilizing Macromedia Flash and Moodle was categorized valid and practical; (2) the outcome of learning was scored 79.56 and was reported good. Therefore, the material has potential effect towards students’ learning outcome. 

Keywords: development research, Macromedia Flash, line, angle 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. V. 1999. Design Appoarches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher
Darmadi, H. 2009. Kemampuan Mengajar Guru: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas Kurniawan, Rulianto. 2009. Membangun Media Ajar Online untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom
Madcoms.2007. Macromedia Flash Pro 8: Mahir dalam 7 Hari. Yogyakarta : C. V. Andi Offset. Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Tessmer, Martin. 1998. Planning and conducting Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62