Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508Keywords:
PMRI, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan bagaimana proses belajar menggunakan pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 44 Kalumbuk Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental dan rancangannya Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 44 Kalumbuk Kota Padang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dengan tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji- t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas terhadap kedua data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung= 3,04 dan ttabel= 1,673 dengan df= 55 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan penggunaan PMRI memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri 44 Kalumbuk Kota Padang tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: PMRI; berpikir kritis
This study aimed to determine whether there is an influence of the PMRI approach on students’ critical thinking skills and how the learning process using PMRI approach in grade V of SDN 44 Kalumbuk Padang is. This study was a quasi-experimental research with Post-test Only Control Design. The subject in this study were students of VA and VB of SDN 44 Kalumbuk Padang in the academic year of 2017/2018. The data collected through post-test was analyzed with t-test. The t-test result shows that tcount = 3,04 and ttable= 1,673 with df= 55 and alpha 5 %. Based on the result, it is concluded that the PMRI approach gives a positive influence to the students’ critical thinking skills in grade V of SDN 44 Kalumbuk padang in academic year 2017/2018.
Keywords: PMRI; critical thinking
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Edisi revisi: manajemen penelitian. jakarta: pt. rineka cipta.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston: Pearson.
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Eggen, P., & Kauchak, d. (2012). strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Febrian, & Perdana, S. A. (2017). Memfasilitasi penalaran geometri transformasi siswa melalui eksplorasi motif melayu dengan bantuan grid. Jurnal Gantang, ii(2), 157–164. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.250
Fisher, A. (2008). Berpikir kritis, sebuah pengantar. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Hadi, S. (2005). Pendidikan matematika realistik dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di sekolah menengah pertama. Edu-Mat, 3(1).
Kusumaningtyas, W. K., Wardono, & Sugiarto. (2013). Penerapan pmri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika berbantuan alat peraga materi pecahan. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 76–83. retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme%0apenerapan
Priyatno, D. (2012). Belajar cepat olah data statistik dengan spss. Yogyakarta: Mediakom.
Puspita, V. (2015). Developing pupils’ reasoning skills by using modified investigation approach. in prooceeding (pp. 426–428).
Rahmi, Y. L., & Alberida, H. (2017). Improving students’ higher order thinking skills through portfolio assessment on biology curriculum and textbook analysis course. Bioeducation Journal, 1(1), 22–33.
Rifandi, R. (2017). Supporting students ’ reasoning about multiplication of fractions by constructing an array model. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(2), 99–110.
Rifandi, R., Budiarto, M. T., Lukito, A., Abels, M., & Dolk, M. (2014). Developing grade 5 students ’ understanding of multiplication of two fractions through taking a part of a part of a whole activity. In R. Ilma (Ed.), The Second South East Asia Design/ Development Research (SEA-DR) International Conference (pp. 272–278). Palembang: Unsri.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Analisis statistik dalam penelitian konsep statisitik yang lebih komprehensif. Jakarta: Change Publication.