Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Problematika Kaidah Pencacahan Titik Sampel

Authors

  • Alona Dwinata Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH
  • Rezky Ramadhona Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.479

Keywords:

Error Analysis, Newman’s Error Analysis, Counting in Sample Space

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan kaidah pencacahan titik sampel. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA N 1 Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menyiapkan dan mengorganisir data kesalahan siswa untuk dianalisis. Selanjutnya proses eksplorasi dan pengkodean data untuk membangun deskripsi dan jenis kesalahan. Proses dilanjutkan dengan representasi dan interpretasi temuan jenis kesalahan siswa serta memvalidasi keakuratan temuan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis kesalahan mayoritas dialami siswa adalah reading dengan persentase maksimum kesalahan 66,7%, diikuti kesalahan comprehension dengan persentase maksimum kesalahan 64%. Kesalahan reading dan comprehension menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir siswa dalam memahami permasalahan pada soal cerita matematis. Selanjutnya kesalahan transformation dengan persentase maksimum kesalahan 59,1% dan diikuti kesalahan process skill dengan persentase maksimum kesalahan 52,2%. Jenis kesalahan transformation dan process skill memperlihatkan kurangnya kemampuan kognitif siswa dalam memahami konsep untuk setiap kaidah pencacahan titik sampel yang ditemukan dalam soal. Jenis kesalahan yang paling sedikit dialami siswa adalah encoding dengan persentase maksimum kesalahan hanya 18,2%. Encoding menunjukkan ketelitian siswa menyelesaikan operasi matematika secara tertulis dengan benar berdasarkan konsep matematis yang digunakan dalam menyelesaikan soal.

Kata kunci: analisis kesalahan; Newman’s error analysis; kaidah pencacahan titik sampel

This study aims at recognizing the type of students’ error on counting problem in sample space. This research uses qualitative descriptive method. The subjects of this study were students of class XII SMA N 1 Bintan Timur, Bintan Regency, Kepulauan Riau Province. Data collection was done by tests and interviews. Technique of data analysis was performed by preparing and organizing the data to be analyzed. Exploration and data coding were done for building description and types of errors. This process was followed by the representation and interpretation of findings about the type of student error as well as validating the accuracy of findings. The result of this research concluded based on maximum percentage of error. The first is reading with 66,7%, the second is comprehension with 64%. These two types of errors indicate low order thinking of student in understanding the problem of the questions. The third is transformation with 59,1% and then the fourth is process skill with 52,2%. Both types of student’s error showed lack cognitive ability of students to understand the rule of concept. Finally encoding with 18,2%. Encoding was concerned to show the accuracy of students working on mathematical operation in written form correctly based on the mathematical concepts used to solve the problems.

Keywords: error analysis; Newman’s error analysis; counting in sample space.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical inference. 2nd ed. Duxbury, Thomson Learning Inc, USA.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Fourth Ed. Pearson.

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal PARADIKMA Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 8(April), 37–51.

Karunia Suci, A. D. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman. Jurnal EKUIVALEN Universitas Muhammadiyah Purworejo E-ISSN 2541-4070, 2(1), 19–24.

Mahyudi. (2016). Mengapa sulit membedakan permutasi dan kombinasi. Jurnal Ilmiah Admathedu Issn: 2088-687x Mathematics Education Faculty Of Teacher Training And Education Ahmad Dahlan University, 6(1), 33–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4760

Sinaga, B., Sinambela, P. N. J. M., Kristianto, A., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Manullang, S., … Bayuzetra, Y. T. (2014). Matematika SMA/MA/ SMK/MAK kelas XI semester 2 (1st ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and Newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education, 33 No. 2, 129–148.

Yanti, W., Nusantara, T., & Qohar, A. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi permutasi dan kombinasi, 1, 97–104.

Published

2018-09-30

How to Cite

Dwinata, A., & Ramadhona, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Problematika Kaidah Pencacahan Titik Sampel. Jurnal Gantang, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.479

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)