Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Kuliah Statistika Pendidikan Di Masa New Normal

Authors

  • Sukma Adi Perdana STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Rezky Ramadhona Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.4114

Keywords:

buku ajar, inkuiri, statistika pendidikan, pembelajaran era new normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Ajar atau Bahan Ajar untuk mata kuliah Statistika Pendidikan berbasis inkuiri yang valid dan praktis. Ini dilakukan untuk membantu agar proses pembelajaran di masa new normal menjadi lebih baik dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis untuk validasi dan praktikalitas Buku Ajar berbasis inkuiri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan Lembar Validasi, dan Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Ajar berbasis Inkuiri valid dari segi didaktik, isi, bahasa, dan keterbacaan. Selain itu hasil uji praktikalitas buku ajar berbasis inkuiri yang dikembangkan juga praktis dari segi sikap, pengetahuan, dan kemandirian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Natasya, J., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran animasi dengan nuansa kemaritiman berbantuan macromedia flash 8 pada materi relasi kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 5(1), 87-93. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1948

Pannen, P. (2005). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Dipresentasikan pada seminar sun commitment in Education and Research Industry, Jakarta, 29 Juni.

Permatasari, Intan, dkk. (2019). Pengembangan bahan ajar ipa berbasis inkuiri terintegrasi sets (science, environment, technology and society) pada materi sistem reproduksi manusia. Histogram: J.Pijar MIPA 13 (3), 2019, 74-78.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ramadhona, Rezky. (2018). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis inkuiri mata kuliah matematika umum untuk mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Pendidikan Kiprah, 6(2), 21-24. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i2.780.

Rahmi, Maiyunda Sari, dkk. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas matematika peserta didik kelas vii SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),3(1).

Roliza, Eva, et al. (2018). Praktikalitas lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika materi statistika. Jurnal Gantang,3(1),41-45. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryani, Mulia. (2015). Efektivitas penggunaan lembar kerja mahasiswa (LKM) Berbasis Discovery Pada Perkuliahan kalkulus peubah banyak 1 (KPB 1) di STKIP PGRI Sumatera Barat. Lemma, 2(1). https://doi.org/10.22202/jl.2015.v1i2.534

Sutawidjaja, Akbar. (2011). Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif dan progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2022-01-25

How to Cite

Perdana, S. A., & Ramadhona, R. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Kuliah Statistika Pendidikan Di Masa New Normal. Jurnal Gantang, 6(2), 185–193. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.4114

Most read articles by the same author(s)