Analisis Kemampuan Literasi Statistis Peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3961Keywords:
literasi statistis, pembelajaran matematika, asesmen kompetensi minimumAbstract
Kemampuan literasi statistis merupakan salah satu aspek penting yang perlu dimiliki oleh peserta AKM. Pembelajaran statistika menjadi Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru dalam membangun kemampuan literasi statistis siswa. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistis peserta AKM, serta mengetahui gambaran kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep statistika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah sebanyak 45 siswa peserta AKM di SMK Abdurrab Pekanbaru tahun 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan literasi statistis dengan cakupan materi tes yaitu materi statistika. Penelitian ini menghasilkan perolehan persentase kemampuan literasi statistis peserta didik yang masih rendah disetiap indikatornya. Kemampuan peserta didik pada indikator menginterpretasikan data memiliki persentase terbesar, yaitu 57,78%. Dan pada indikator menyajikan data memperoleh persentase paling rendah, yaitu 35,56 %. Sebagian peserta didik masih belum dapat memahami konsep statistika dengan baik sehingga tidak mampu menyajikan data dan memberikan kesimpulan statistic dengan tepat.
Downloads
References
Abdullah, Anis, A., & Suhartini, S. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran statistika berbasis pendidikan politik di lingkungan sekolah. Jurnal Gantang 2(1):1–9. doi: 10.31629/jg.v2i1.63.
Andriatna, R., Kurniawati, I., & Wulandari, A.N. (2021). Profil kemampuan literasi statistik mahasiswa calon guru matematika. FIBONACCI, 7(1), 19-28.
Fadillah, F., & Munandar, D. M. (2021). Analisis kemampuan literasi statistis dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5):1157–68. https://doi.org/ 10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168.
Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan Newman pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 5(1):1–10.
Gal, I. (2002). Adult’s statistical literacy: meanings, compenents, responsibilities. International Statistical Review, 70 (1), 1-25.
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang 5(2):123–32. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493.
Kemendikbud. (2020). Adaptasi pembelajaran berorientasi literasi dan numerasi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/buku/file/Panduan/Arah%20Kebijakan%20Adaptasi%20Pembelajaran.pdf
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205-212. https://doi.org/ 10.31331/medives.v2i2.640.
Pusmenjar. (2021). Asesmen nasional - tahun 2021.Https://Anbk.Kemdikbud.Go.Id/#tentang. Retrieved January 20, 2022 (https://anbk.kemdikbud.go.id/#tentang).
Pusmenjar. (2021). Contoh soal AKM. [Online] Tersedia: https://pusmenjar. kemdikbud.go.id/akm/ [01 September 2021]
Rumsey, D. J. (2002). Statistical literacy as a goal for introductory statistics courses. Journal of Statistics Education, 10(3), 1-12.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irwati, T.N. (2021). Profil kemampuan literasi nukerasi di masa pandemic Cov-19. KoPeN: Konfersensi Pendidikan Nasional, 3 (101), 253-261.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yuniawatika, Y. (2018). Statistical literacy and its urgency for students. CoEMA:170–73. https://doi.org/ 10.2991/coema-18.2018.41.