Pengaruh Model Pembelajaran Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kelas VIII SMP Negeri 3 Gelumbang
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3954Keywords:
gaya belajar, hasil belajar, model pembelajaranAbstract
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh perbedaan gaya belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kelas VII SMP Negeri 3 Gelumbang. Siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Gelumbang merupakan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anova 2 jalur berbantuan aplikasi SPSS. Uji Prasyarat yang digunakan adalah Uji Shapiro Wilk dan uji Leven Statistic. Nilai Sig. yang didapat untuk uji anova 2 jalurnya adalah 0,517 > 0,05 sehingga hasil yang kita peroleh adalah : (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar yang digunakan siswa terhadap hasil belajar yang mereka dapatkan; (3) tidak ada interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil yang kta dapat ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti : (1) Intrumen yang diujikan tidak mencakup tujuan pembelajaran & (2) Instrumen yang diberikan bersifat abstrak. Penggunaan instrument yang tepat dan sesuai dapat membantu untuk penelitian lainnya.
Downloads
References
Affandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang.
Anjar. (2013). Model dan sintak pembelajaran konvensional. Retrieved from http/www.wawasanpendidikan.com/2013/08/model-dan-sintaks-pembelajaran-konvensional.html.
Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantuan alat peraga dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis. Jurnal MathEdu (Mathematics Education Journal), 4(3), 72–77.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 167–174. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307
Darmawati, J. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
Deporter, B. (1999). Quantum learning. Bandung: Bandung: Kaifa.
Fathurrohman, M. (2015). Model - model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gokalp, M. (2013). The effect of student’s learning styles to their academic success. Creative Education, 4(10).
Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27
Keefe, J. W. (1991). Learning style: Cognitive and thingking skills. Reston, VA: National Association of Secondary School Principals.
Khadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 70–81.
Lestari, P. A., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 53–62.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nayazik, A., & Sukestiyarno. (2012). Pembelajaran matematika model ideal problem solving dengan teori pemrosesan informasi untuk pembentukan pendidikan karakter dan pemecahan masalah materi dimensi tiga kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.21831/pg.v7i2.4778
Nurdin, E., Nayan, D. N., & Risnawati. (2020). Pengaruh pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 39–49.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan software Cabri 3D di tinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–154. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.43
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Sundawan, M, D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di kelas IV SD (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1171–1182. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.684